Comscore Tracker

Ternyata Ini Penyebab Ma'ruf Amin Tidak Keluar Selama Seminggu

Kenapa, ya?

Jakarta, IDN Times - Calon Wakil Presiden Nomor Urut 01 Ma'ruf Amin sudah lama tak muncul di depan publik. Sebelumnya, kabar Ma'ruf jatuh sakit mencuat ketika Ketua GNPF Ulama Yusuf Martak datang membesuknya.

Menanggapi hal itu, Ma'ruf mengaku dirinya tidak jatuh sakit. Ia menyebut bahwa kakinya hanya terkilir saat melakukan kunjungan ke daerah. Sehingga, dokter menyarankan agar Ma'ruf rehat sejenak.

1. Ma'ruf klarifikasi dirinya tidak sakit

Ternyata Ini Penyebab Ma'ruf Amin Tidak Keluar Selama SemingguIDN Times/Teatrika Handiko Putri

Di hadapan media, Ma'ruf menyampaikan bahwa beberapa hari ini dia harus rehat di rumah dan tidak bisa bertemu dengan wartawan. Ia mengungkapkan penyebab dirinya harus rehat sejanak karena kakinya terkilir.

"Karena memang saya ini sudah lama sebenarnya, sudah agak lama kaki saya terkilir. Tapi saya terus saja melakukan kegiatan ke daerah-daerah. Tapi oleh dokter kemudian saya disarankan istirahat beberapa waktu supaya kaki yang terkilir itu bisa pulih," jelas Ma'ruf di kediamannya, Jalan Situbondo, Jakarta Pusat, Kamis (6/12).

Baca Juga: Datangi MUI, Sukmawati Cium Tangan KH Maruf Amin

2. Semakin kurus, Ma'ruf mengaku sedang diet

Ternyata Ini Penyebab Ma'ruf Amin Tidak Keluar Selama SemingguIDN Times/Reynaldi

Ma'ruf mengatakan dirinya tidak sakit seperti yang diberitakan di media. Apabila di foto dia terlihat lebih kurus, dikatakan oleh Ma'ruf, dia memang tengah melakukan program pengurusan badan.

"Memang saya menguruskan diri. Sejak 2016 dulu saya terlalu gemuk. Nah itu saya disarankan, coba kuruskan. Waktu itu berat badan saya 70 dan tinggi saya kan cuma 156. Terlalu gemuk. Oleh karena itu saya sedikit-sedikit menguruskan diri supaya lebih langsing gitu lho," ujarnya.

3. Kabar jatuhnya Ma'ruf di kamar mandi telah dibantah

Ternyata Ini Penyebab Ma'ruf Amin Tidak Keluar Selama SemingguIDN Times/Panji Galih Aksoro

Terkait kabar yang mengatakan bahwa kakinya terkilir karena terpeleset di kamar mandi, Ma'ruf juga membantah hal itu. Menurutnya, kalau sampai dia terjatuh di kamar mandi, maka dia bisa saja stroke.

"Oleh karena itu saya mengklarifikasi, wah saya jatuh di kamar mandi itu tidak benar itu. Kalau kena jatuh di kamar mandi stroke itu. Jadi tidak benar itu," ungkap dia.

4. Meski terkilir, Ma'ruf tetap aktif menerima tamu di rumah

Ternyata Ini Penyebab Ma'ruf Amin Tidak Keluar Selama SemingguIDN Times/Reynaldi

Walaupun kakinya sedang terkilir, Ma'ruf menjelaskan kalau kegiatannya tetap aktif saat di rumah. Dia tetap menerima tamu dan juga relawan.

"Jadi sebenarnya itu hanya diistirahatkan. Atas saran permintaan dokter. Dan saya walaupun memang tidak ke daerah, tidak kemana-mana, tapi saya di sini menerima berbagai delegasi. Ada yang deklarasi, ada yang dari relawan-relawan," papar Ma'ruf.

5. Ma'ruf ingin segera beraktivitas kembali

Ternyata Ini Penyebab Ma'ruf Amin Tidak Keluar Selama SemingguIDN Times/Teatrika Handiko Putri

Lanjutnya, apabila keadaan kakinya sudah pulih, maka ia akan kembali beraktivitas seperti biasa. Dan Ma'ruf mengaku ingin cepat beraktivitas dan berkegiatan kembali.

"Jadi kurus bukan karena saya sakit tapi memang karena saya menguruskan diri supaya lebih ideal supaya sesuai dengan tinggi badan saya. Seimbang. Itu memang saran dokter," terangnya.

Baca Juga: Azyumardi Azra Sebut 3 Alasan Reuni 212 Tidak Efektif 'Melawan' Jokowi

Topic:

  • Dwi Agustiar

Just For You