Teror di Mabes Polri, Jokowi Ajak Masyarakat Bersatu Lawan Terorisme

Jokowi juga meminta masyarakat tetap tenang dan waspada

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo meminta masyarakat untuk tetap tenang terkait dengan insiden penyerangan terduga teroris di Mabes Polri, Jakarta, pada Rabu (31/3/2021) sore. Jokowi menyampaikan hal itu saat meresmikan Tol Serpong dan Tol Cengkareng.

"Terkait dengan terjadinya aksi terorisme kemarin sore di Mabes Polri, saya minta kepada seluruh masyarakat di seluruh Tanah Air agar semuanya tetap tenang," kata Jokowi dalam keterangannya yang disiarkan langsung di channel YouTube Sekretariat Presiden, Kamis (1/4/2021).

Baca Juga: Deretan Aksi Teror di Kantor Polisi sebelum Serangan ke Mabes Polri

1. Jokowi minta masyarakat tetap waspada

Teror di Mabes Polri, Jokowi Ajak Masyarakat Bersatu Lawan TerorismePresiden Jokowi pimpin rapat terbatas di Istana Merdeka pada Senin (19/10/2020) (Dok. Biro Pers Kepresidenan)

Meski meminta untuk tenang, namun Jokowi juga meminta masyarakat tetap waspada. Ia juga mengajak masyarakat agar bersatu melawan terorisme.

"Tetap waspada dan menjaga persatuan dan kita semuanya bersatu melawan terorisme," ucap dia.

Baca Juga: Pelaku Teror Mabes Polri Singgung Ahok dalam Surat Wasiatnya

2. Jokowi tegaskan tak ada tempat bagi terorisme di Tanah Air

Teror di Mabes Polri, Jokowi Ajak Masyarakat Bersatu Lawan TerorismePresiden Jokowi resmikan Tol Serpong-Cinere Ruas Serpong-Pamulang dan Tol Cengkareng-Batuceper-Kunciran (Youtube.com/Sekretariat Presiden)

Selain itu, Jokowi juga telah meminta Kapolri, Panglima TNI, dan Kepala BIN untuk meningkatkan kewaspadaan. Dia menegaskan agar terorisme segera dibasmi dari Tanah Air.

"Saya tegaskan sekali lagi, tidak ada tempat bagi terorisme di Tanah Air," tegas dia.

3. Terjadi penyerangan terduga teroris di Mabes Polri

Teror di Mabes Polri, Jokowi Ajak Masyarakat Bersatu Lawan TerorismePersonel kepolisian dengan rompi anti peluru dan senjata laras panjang berjaga di Mabes Polri, Jakarta, Rabu (31/3/2021). (ANTARA FOTO/M Adimaja)

Diberitakan sebelumnya, terjadi serangan terduga teroris di Mabes Polri, pada Rabu (31/3/2021) sore. Berdasarkan sebuah rekaman video yang beredar, pelaku sempat menyerang petugas yang sedang berjaga di depan Gedung Bareskrim Polri.

Usai insiden penyerangan, polisi menembak mati pelaku terduga teroris saat terjadi baku tembak. Polisi dan seorang terduga teroris itu mengakhiri baku tembaknya saat si pelaku tersungkurnya di halaman depan pintu Rupatama area Mabes Polri. Dentuman tembakan terjadi di area Gedung Mabes Polri, Jakarta Selatan pada pukul 16.45 WIB.

Baca Juga: Terduga Teroris Mabes Polri Dimakamkan di TPU Pondok Ranggon

Topik:

  • Hana Adi Perdana

Berita Terkini Lainnya