Comscore Tracker

Tertarik Konsep AI di Ibu Kota Baru, Softbank Siap Investasi

Namun angka pastinya belum dibahas

Jakarta, IDN Times - CEO Softbank Masayoshi Son, mengatakan pihaknya akan berinvestasi dalam pembangunan Ibu Kota Negara (IKN). Hal itu langsung disampaikan Masayoshi kepada Presiden Joko "Jokowi" Widodo di Istana Merdeka, Jumat (10/1).

Namun, dalam pertemuan antara Softbank dan Jokowi tersebut belum membicarakan angka pasti yang akan diinvestasikan.

"Kami belum memustukan angkanya, kami baru mendiskusikan potensi-potensinya," kata Masayoshi di Kompleks Istana Negara, Jakarta Pusat, Jumat (10/1).

1. Softbank tertarik investasi di ibu kota baru dan pengembangan AI

Tertarik Konsep AI di Ibu Kota Baru, Softbank Siap InvestasiCEO Softbank Masayoshi Son di Kompleks Istana Negara, Jakarta Pusat, Jumat 10 Januari 2020 (IDN Times/Teatrika Handiko Putri)

Kendati belum membicarakan angka pastinya, Masayoshi mengaku tertarik dengan konsep ibu kota baru. Selain itu, dia juga tertarik untuk berinvestasi pada pengembangan Artificial Intelligence (AI).

"Kami tidak mendiskusikan angka pasti. Tetapi, konsep kota pintar dengan teknologi terbaru, kota hijau, dan juga pengembangan AI. Itu yang saya tertarik untuk dukung," jelas Masayoshi.

Baca Juga: Desain Ibu Kota Baru Perlu Tampilkan Ornamen Dayak Paser 

2. Tak hanya bicara investasi ibu kota baru, Masayoshi juga bahas investasi mobil listrik

Tertarik Konsep AI di Ibu Kota Baru, Softbank Siap InvestasiRapat terbatas di Kantor Presiden, Jakarta Pusat, Kamis 9 Januari 2020 (IDN Times/Teatrika Handiko Putri)

Tak hanya berbicara soal investasi untuk ibu kota, Masayoshi juga sempat membahas investasinya untuk mobil listrik. Menurutnya, pihak Softbank dan pemerintah telah merilis kendaraan listrik baru.

"Sejak Juli kami datang ke sini, kami berkomitmen kepada kendaraan listrik seperti halnya bulan lalu kami baru merilis kendaraan baru dengan Pak Luhut," ucapnya.

3. Masayoshi sambut baik konsep ibu kota baru dari pemerintah

Tertarik Konsep AI di Ibu Kota Baru, Softbank Siap InvestasiRombongan Presiden Jokowi meninjau lokasi ibu kota baru, di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur (IDN Times/Teatrika Handiko Putri)

Dalam pertemuannya di hadapan Jokowi, Masayoshi sempat mengatakan bahwa Jakarta sebagai ibu kota memiliki sejarah dan sukses dalam berbagai isu. Namun, dengan rencana ibu kota baru tersebut, Masayoshi menyambut baik dan ingin melihat lebih jauh potensi-potensi yang didapat untuk berinvestasi.

"Proyek baru yang anda siapkan, saya pikir terdapat potensi yang baik, yang bisa kita diskusikan," kata Masayoshi di hadapan Jokowi.

Baca Juga: Pemerintah-DPR Akan Putuskan Ibu Kota Negara Jadi Kota atau Provinsi

Topic:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya