Terungkap! Kasus 27 Terinfeksi Virus Corona dari Kasus 20

Kasus 20 terinfeksi COVID-19 dari klaster Kasus 01

Jakarta, IDN Times - Pemerintah akhirnya berhasil menelusuri klaster pasien Kasus 27 yang sebelumnya mendapatkan status lokal transmisi lantaran belum diketahui melakukan kontak langsung dengan siapa. 

Juru Bicara Penanganan Virus Corona atau COVID-19, Achmad Yurianto, menyampaikan Kasus 27 tersebut terinfeksi virus corona setelah melakukan kontak langsung dengan Kasus 20. 

1. Kasus 27 terinfeksi virus corona karena kontak langsung dengan Kasus 20

Terungkap! Kasus 27 Terinfeksi Virus Corona dari Kasus 20Juru bicara penanganan virus corona atau COVID-19, Achmad Yurianto, di Kantor Presiden, Jakarta Pusat, Kamis 12 Maret 2020 (IDN Times/Teatrika Handiko Putri)

Pria yang akrab disapa Yuri itu menjelaskan bahwa Kasus 27 ternyata sempat melakukan kontak langsung dengan Kasus 20. Sementara, Kasus 20 terinfeksi virus corona lantaran melakukan kontak langsung dengan Kasus 01.

"Ternyata dapat laporan bahwa pasien 27 ternyata kontak dekat dengan pasien 20. Dan pasien 20 adalah klaster pasien 01," ujar Yuri dalam konferensi pers di Kantor Presiden, Jakarta Pusat, Kamis (12/3).

Baca Juga: Dua Pasien Isolasi di RSPI Meninggal Sebelum Hasil Tes Keluar

2. Pemerintah tetap lakukan tracing untuk Kasus 27

Terungkap! Kasus 27 Terinfeksi Virus Corona dari Kasus 20Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Virus Corona COVID-19, Achmad Yurianto (IDN Times/Irfan Fathurohman)

Selanjutnya, kata Yuri, pemerintah tetap melakukan tracing untuk Kasus 27. Pemerintah akan mencari tahu siapa saja yang melakukan kontak langsung dengan Kasus 27.

"Kita mencari adakah yang kontak dengan 27," kata Yuri.

3. Kasus 27 sempat tidak diketahui berasal dari klaster mana

Terungkap! Kasus 27 Terinfeksi Virus Corona dari Kasus 20(ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A)

Sebelumnya, Yuri menyampaikan beberapa kasus virus corona baru di Indonesia. Dari ke-34 kasus yang telah diumumkan Yuri, hanya Kasus 27 yang statusnya masih lokal transmisi. Kini, tracing pun sudah diketahui dan Kasus 27 terinfeksi virus corona karena kontak langsung dengan Kasus 20.

Baca Juga: Pemerintah Pertanyakan Data Pasien COVID-19 Versi Gubernur Banten

https://www.youtube.com/embed/pLSYj_x0Izw

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya