Comscore Tracker

Tiga Pengkritik Jokowi Ini Dapat Penghargaan Bintang Mahaputera 

Siapa saja mereka?

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo akan memberikan penghargaan Bintang Mahaputera kepada mantan Panglima TNI Gatot Nurmantyo, Rabu (11/11/2020).

Menurut Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2009 tentang Gelar, Jasa, dan Tanda Kehormatan, Tanda Kehormatan Bintang Mahaputera adalah bintang penghargaan sipil, setingkat di bawah Bintang Republik Indonesia.

Pemberian penghargaan tersebut ramai diperbincangkan lantaran Gatot dinilai sebagai salah satu pengkritisi pemerintahan Presiden Jokowi. Apalagi, Gatot juga dikenal sebagai pentolan Koalisi Aksi Menyelamatkan Indonesia (KAMI) yang disebut berseberangan dengan pemerintah.

Selain Gatot, Jokowi juga pernah memberikan penghargaan Bintang Mahaputera kepada pengkritisinya di tahun ini. Siapa saja mereka ya?

1. Fadli Zon mendapatkan penghargaan Bintang Mahaputera Nararya jelang Hari Kemerdekaan RI

Tiga Pengkritik Jokowi Ini Dapat Penghargaan Bintang Mahaputera IDN Times/Linda Juliawanti

Presiden Jokowi memberikan penghargaan Bintang Mahaputera Nararya kepada Fadli Zon pada 13 Agustus 2020. Sikap kritis Fadli Zon kepada pemerintah ternyata tak membuat Jokowi urung memberikan penghargaan ini kepadanya.  

Pemberian penghargaan Bintang Mahaputera Nararya untuk Fadli Zon itu berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 51,52,53/TK/2020 tanggal 22 Juni 2020 dan Keputusan Presiden Nomor 79,80,81/TK/2020 tanggal 12 Agustus 2020 tentang Penganugerahan Tanda Jasa Kepeloporan, Tanda Kehormatan Bintang Mahaputra, Bintang jasa dan Bintang Penegak Demokrasi.

Pemberian penghargaan ini sempat menghebohkan publik karena Fadli termasuk salah satu oposisi Jokowi yang kerap melontarkan kritikan pedas. Meski telah mendapatkan penghargaan dari Jokowi, ia mengaku akan terus menciptakaan keseimbangan antara pemerintah dan oposisi.

"Dengan tadi berbagai perbedaan itu sebenarnya adalah potensi kita untuk maju, dan tetap kuat melakukan check and balances," kata Fadli usai diberi penghargaan oleh Jokowi.

Baca Juga: Fadli Zon Sindir Klaim Fadjroel soal Jokowi-Ahok Tata Transportasi DKI

2. Fahri Hamzah mendapat penghargaan Bintang Mahaputera Nararya

Tiga Pengkritik Jokowi Ini Dapat Penghargaan Bintang Mahaputera Fahri Hamzah dan Fadli Zon memberikan keterangan pada pers setelah Upacara Penganugerahan Tanda Kehormatan RI di Istana Negara pada Kamis (13/8/2020) (Youtube.com/Sekretariat Presiden)

Selain Fadli, di waktu yang sama, Jokowi juga memberikan penghargaan Penghargaan Bintang Mahaputera Nararya kepada Fahri Hamzah. Fahri dikenal sebagai salah satu tokoh yang sering melemparkan kritik pada pemerintahan Jokowi. Tak jarang kritik yang dia lontarkan juga kontroversi dan menjadi viral.  

Usai diberi penghargaan oleh Jokowi, Fahri mengatakan bahwa persatuan memang harus dijalin saat ini, terutama di tengah pandemik COVID-19. Sehingga, momen menyatukan para oposisi dinilainya tepat.

"Itu yang tadi beliau (Jokowi) sampaikan sebagai negara demokrasi. Kita harus bisa memelihara persatuan dan kebersamaan, apalagi situasinya sekarang kan lagi COVID dan sebagainya. Jadi saya kira itulah momennya sekarang bagi kita semua untuk mempersatukan bangsa kita," ujar Fahri.

3. Gatot Nurmantyo akan mendapatkan penghargaan Bintang Mahaputera bertepatan di Hari Pahlawan

Tiga Pengkritik Jokowi Ini Dapat Penghargaan Bintang Mahaputera ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari

Selanjutnya ada Gatot Nurmantyo yang akan diberikan penghargaan Bintang Mahaputera oleh Presiden Jokowi. Penyerahan penghargaan kepada Gatot itu akan diberikan hari ini, Selasa (10/11/2020), bertepatan dengan Hari Pahlawan.

Kabar pemberian penghargaan kepada Presidium KAMI itu disampaikan pertama oleh Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD. Di akun Twitter-nya, @mohmahfudmd, iya mengatakan bahwa penghargaan tersebut akan diberikan Jokowi kepada mereka yang telah berjasa untuk tanah air.

"Tgl 10 dan 11 November 2020 Presiden akan menganugerahkan gelar Pahlawan Nasiona (PN) dan Bintang Mahaputera (BM). Yg dpt gelar PN, antara lain, SM Amin dan Soekanto; yg dpt BM, antara lain, Gatot Nurmantyo dan Arief Hidayat," tulis Mahfud.

Mahfud mengatakan, penghargaan tersebut diberikan kepada semua mantan Panglima TNI, mantan menteri, serta para pimpinan lembaga. Ia menegaskan, penghargaan itu harus diberikan dan tanpa pandang bulu.

"Pemerintah tahu bhw memberi atau tdk memberi bintang mahaputra kpd Pak Gatot Nurmantyo (GN) pasti ada yg menyoal. Jika diberi dibilang utk membungkam, jika tak diberi dibilang diskriminatif kpd yg kritis. Tapi Bintang Mahaputra itu hak Pak GN spt jg haknya Bu Susi Pujiastuti dll," tulisnya lagi.

Baca Juga: Jokowi Akan Beri Gelar Bintang Mahaputra kepada Gatot Nurmantyo 

Topic:

  • Dwi Agustiar
  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya