Tingkatkan Industri Kreatif, Jokowi Usul Bekraf Jadi Kementerian

Menteri pemuda ekonomi kreatif dan start up juga diusulkan

Jakarta, IDN Times - Industri kreatif kini mulai berkembang pesat di Indonesia. Industri ini diprediksi cukup menjanjikan di masa mendatang. 

Lalu, bagaimana langkah kubu Jokowi 'Jokowi' Widodo-Ma'ruf Amin untuk meningkatkan industri kreatif di Indonesia pada 2019?

Baca Juga: Ini Aksi Timses Jokowi Redam Isu PKI di Jawa Barat

1. Jokowi mengusulkan Bekraf dijadikan kementerian

Tingkatkan Industri Kreatif, Jokowi Usul Bekraf Jadi KementerianANTARA FOTO/Puspa Perwitasari

Wakil Sekretaris Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf, Raja Juli Antoni, mengatakan Presiden Jokowi adalah presiden pertama yang mendirikan lembaga khusus non-kementerian di bidang industri kreatif, yaitu Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf).

Bekraf sendiri dibentuk pada 2015, melalui Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 6 Tahun 2015 tentang Badan Ekonomi Kreatif.

"Pak Jokowi ini presiden pertama yang mendirikan badan khusus yang bernama Bekraf. Kemarin ada usulan dari Pak Jokowi, Bekraf menjadi sebuah kementerian. Jadi dengan otoritas yang lebih besar tentu dengan budget yang cukup," ujar Juli kepada IDN Times, di Posko Cemara, Jakarta Pusat, Senin (3/12).

2. Bekraf akan dijadikan kementerian agar bisa mendapat otoritas lebih besar

Tingkatkan Industri Kreatif, Jokowi Usul Bekraf Jadi KementerianANTARA FOTO/Puspa Perwitasari

Menurut Juli, dengan menjadikan sebagai kementerian, Bekraf memiliki otoritas politik yang lebih luas, serta bisa lebih baik lagi berkoordinasi dengan semua kementerian. Sehingga, hal itu bisa lebih meningkatkan industri kreatif di Indonesia.

"Kalau dia (Bekraf) menjadi kementerian, berarti dia mempunyai otoritas politik yang lebih luas, mempunyai budget yang lebih besar, dan bisa kemampuan koordinasi antar menteri bisa lebih baik," kata dia.

3. PSI mengusulkan adanya menteri pemuda ekonomi kreatif dan start up

Tingkatkan Industri Kreatif, Jokowi Usul Bekraf Jadi KementerianIDN Times/Irfan Fathurohman

Dalam mengembangkan industri kreatif, kata Juli, PSI pernah mengusulkan agar pemerintah membentuk menteri khusus pemuda ekonomi kreatif dan start up. Sehingga, ekonomi kreatif di Indonesia bisa lebih fokus dan terhubung langsung dengan anak-anak muda yang membutuhkan pekerjaan.

"Saya secara personel di PSI mengusulkan ada namanya menteri pemuda ekonomi kreatif dan start up. Jadi dihubungkan langsung antara pemuda dengan lapangan kerja, yaitu ekonomi kreatif dan juga start up," kata dia.

Baca Juga: Nasib Menteri Kabinet Kerja Jika Jokowi Jadi Presiden Lagi 

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya