Tinjau Asrama Haji, Jokowi: Kamis Bisa Dipakai buat RS COVID-19

Asrama haji disiapkan untuk antisipasi lonjakan kasus

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo meninjau kesiapan Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta Timur, pada Senin (5/7/2021) malam. Peninjauan dilakukan sebagai langkah antisipasi peningkatan kebutuhan tempat tidur rumah sakit (RS) untuk pasien COVID-19.

"Malam hari ini saya sengaja bersama-sama dengan Pak Menteri Kesehatan dan juga Pak Menteri PU meninjau persiapan Asrama Wisma Haji di Pondok Gede untuk kita siapkan menjadi rumah sakit bagi penanganan COVID, yang ini kita siapkan untuk mengantisipasi lonjakan penyebaran COVID yang ada di Jakarta dan sekitarnya," ujar Jokowi seperti dalan video yang diunggah di kanal YouTube Sekretariat Presiden, Selasa (6/7/2021).

1. Tempat isolasi dan ICU di Asrama Haji bisa dibuka Kamis

Tinjau Asrama Haji, Jokowi: Kamis Bisa Dipakai buat RS COVID-19Presiden Jokowi Tinjau Kesiapan Asrama Haji sebagai RS Darurat COVID-19 pada Senin (5/7/2021). (youtube.com/Sekretariat Presiden)

Di Asrama Haji Pondok Gede, pemerintah menyiapkan 900 tempat tidur isolasi, 50 ICU (intensive care unit) dan 40 HCU (high care unit). Menurut Jokowi, fasilitas ini telah disiapkan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dan diharapkan bisa segera dipergunakan segera.

"Saya tadi sudah perintahkan agar dalam dua hari ini bisa diselesaikan sehingga nantinya hari Kamis (8/7/2021) kita harapkan sudah bisa dipakai dan dioperasikan," ujarnya.

Baca Juga: Jadi Tempat Isolasi, Asrama Haji Kini Diisi 1.054 Pasien COVID-19

2. Sebanyak 950 tempat di Wisma Haji Pasar Rebo disipakan untuk pasien COVID-19

Tinjau Asrama Haji, Jokowi: Kamis Bisa Dipakai buat RS COVID-19Presiden Jokowi Tinjau Kesiapan Asrama Haji sebagai RS Darurat COVID-19 pada Senin (5/7/2021). (youtube.com/Sekretariat Presiden)

Sementara itu, Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin mengatakan, akan menambah jumlah tempat tidur untuk pasien COVID-19 di Jakarta. Dia menyampaikan, sebanyak 900 tempat tidur tengah disiapkan di Wisma Haji, Pasar Rebo, Jakarta Timur.

“Kita akan membangun 900 tempat tidur untuk merawat pasien COVID-19 di Wisma Haji, Pasar Rebo. Mudah-mudahan itu bisa beres dalam dua hari ke depan, 900 tempat tidur bisa kita buka,” kata Budi dalam keterangan persnya yang disiarkan langsung di kanal YouTube Sekretariat Presiden, Selasa (6/7/2021).

Selain tempat tidur ruang isolasi, pemerintah juga akan menambah 50 tempat tidur ICU di Wisma Haji. Penambahan ini bekerja sama dengan Kementerian BUMN.

“Ditambah ada 50 tempat tidur ICU, bekerja sama dengan Kementerian BUMN, terima kasih Pak Erick, juga di Wisma Haji kita siapkan,” tutur Budi.

3. Pemerintah tambah 7 ribu tempat tidur isolasi di Rusun Nagrak dan Rusun Pasar Rumput

Tinjau Asrama Haji, Jokowi: Kamis Bisa Dipakai buat RS COVID-19Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin (Dok. Humas KPK)

Sedangkan untuk isolasi mandiri, Budi menuturkan, terdapat penambahan tujuh ribu tempat tidur yang siap menampung pasien COVID-19. Hal ini diharapkan mampu membantu RSDC Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta, untuk mengurus pasien COVID-19.

"Kita men-double kemampuan Wisma Atlet dengan memberikan tambahan tujuh ribu tempat isolasi di Rusun Nagrag dan Rusun Pasar Rumput. Sehingga (pasien) bisa kita tampung untuk masuk ke tempat tidur isolasi terpusat atau masuk ke tempat tidur rumah sakit," ungkap Budi.

"Jadi isolasi terpusat tadi ada tujuh ribu, sedangkan tempat tidur rumah sakit ada tambahan 950," imbuhnya.

Baca Juga: Pasien yang Dirawat di Wisma Atlet Berkurang, Ini Rinciannya

Topik:

  • Jihad Akbar

Berita Terkini Lainnya