Comscore Tracker

Tinjau Terowongan 2 Kereta Cepat, Jokowi: Masih Ada Masalah Teknis 

Jokowi sebut kereta cepat bisa diuji coba akhir tahun ini

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo meninjau terowongan 2 proyek pembangunan Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB), di Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, Senin (17/1/2022).

Jokowi mengatakan, proses pembangunan KJCB ini sudah mencapai 79,9 persen dan diharapkan bisa uji coba akhir tahun ini.

"Sampai saat ini secara keseluruhan Kereta Cepat Jakarta-Bandung telah diselesaikan 79,9 persen, yang kita harapkan di akhir tahun 2022 ini sudah bisa diuji coba dan kemudian pada bulan Juni 2023 bisa kita operasionalkan," ujar Jokowi seperti ditayangkan di kanal YouTube Sekretariat Presiden.

Baca Juga: Proyek Kereta Cepat Ramai Insiden, Bakal Tetap Disuntik APBN? 

1. Jenis tanah di lokasi terowongan 2 jadi masalah teknis yang harus segera diselesaikan

Tinjau Terowongan 2 Kereta Cepat, Jokowi: Masih Ada Masalah Teknis Keterangan Pers Presiden RI Setelah Meninjau Pintu Masuk Tunnel 2 Proyek KCJB pada Senin (17/1/2022). (youtube.com/Sekretariat Presiden)

Menurut Jokowi, pembangunan di terowongan 2 ini memang masih terdapat masalah. Salah satu masalah teknisnya adalah jenis tanah di lokasi tersebut.

"Tadi dari keterangan di lapangan, Dirut KCIC dari Pak Menko Marinvest, Kementerian PU bahwa terowongan 2 ini berjalan lambat karena jenis tanah yang ada di sini memerlukan kerja yang penuh kehati-hatian," ucap Jokowi.

2. Jokowi harap KCJB bisa kurangi kemacetan di Jakarta maupun Bandung

Tinjau Terowongan 2 Kereta Cepat, Jokowi: Masih Ada Masalah Teknis Keterangan Pers Presiden RI Setelah Meninjau Pintu Masuk Tunnel 2 Proyek KCJB pada Senin (17/1/2022). (youtube.com/Sekretariat Presiden)

Jokowi pun berharap dengan adanya KCJB ini, kemacetan bisa berkurang. Dia juga berharap KCJB bisa mempercepat mobilitas masyarakat.

"Harapan kita dengan selesainya Kereta Cepat Jakarta-Bandung ini akan mengurangi kemacetan, baik yang ada di Jakarta maupun yang ada di Bandung, juga mempercepat mobilitas orang dan juga barang dan kita harapkan ini menjadi sebuah daya saing yang baik bagi negara kita," jelasnya.

3. Sederet kegiatan Jokowi saat berkunjung ke Jawa Barat hari ini

Tinjau Terowongan 2 Kereta Cepat, Jokowi: Masih Ada Masalah Teknis Presiden Jokowi kunjungan kerja ke Jawa Barat (Dok.Biro Pers Kepresidenan)

Hari ini, Jokowi melakukan kunjungan kerja ke Jawa Barat. Dalam rangkaian kunjungannya, Jokowi memberikan kuliah umum di acara Dies Natalis ke-67 Universitas Katolik Parahyangan (Unpar). Dalam arahannya di Unpar, Jokowi membahas tema Pancasila Kekuatan Rakyat dan Keindahan Tradisi

Setelah itu, Jokowi bersama rombongan melanjutkan perjalanan menuju Pasar Sederhana, Kota Bandung untuk memberikan bantuan langsung tunai (BLT) kepada para pedagang kaki lima dan warung.

Kemudian, Jokowi juga meninjau terowongan 2 proyek pembangunan Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) yang ada di Kabupaten Purwakarta. Usai peninjauan, orang nomor satu di Indonesia ini akan langsung kembali ke Istana Kepresidenan Bogor, dengan menggunakan rangkaian kendaraan.

Baca Juga: Potret Jokowi Bagi Bantuan buat Pedagang di Pasar Sederhana Bandung

Topic:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya