Comscore Tracker

Tinjau Vaksinasi di Bekasi, Jokowi Harap Herd Immunity Segera Tercapai

Jokowi ingin vaksinasi digencarkan agar target tercapai

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko “Jokowi” Widodo meninjau vaksinasi massal COVID-19 di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Jawa Barat. Jokowi didampingi Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, dan Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi.

Usai meninjau vaksinasi, Jokowi berharap proses vaksinasi bisa dilakukan secepatnya, sehingga bisa lekas terbentuk kekebalan komunal atau herd immunity.

“Di sini, pak Wali Kota tadi menyampaikan sehari bisa 10 ribu dan kita harapkan segera bisa mencapai kekebala komunal, herd immunity dan kita berharap penyebaran COVID bisa kita hambat penyebarannya,” ujar Jokowi seperti yang disiarkan langsung di kanal YouTube Sekretariat Presiden, Senin (14/6/2021).

Baca Juga: Polres Metro Bekasi Kota Gelar Vaksinasi Gratis, Ini Syaratnya

1. Jokowi ingin lokasi vaksinasi massal mencakup banyak orang

Tinjau Vaksinasi di Bekasi, Jokowi Harap Herd Immunity Segera TercapaiPresiden Jokowi tinjau vaksinasi massal di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Jawa Barat (youtube.com/Sekretariat Presiden)

Jokowi mengatakan, proses vaksinasi yang dilakukan di lapangan sepak bola kali ini bisa mencakup banyak orang, baik untuk penyandang disabilitas dan pelayan publik. Ia berharap daerah-daerah lain juga bisa menggelar vaksinasi massal seperti ini.

“Kita berharap dengan model yang seperti yang ada di Bekasi ini, bisa diterapkan di kota dan kabupaten yang lain, sehingga vaksinasi berlangsung dalam jumlah yang banyak,” kata presiden.

2. Jokowi dorong vaksinasi terus digencarkan agar segera mencapai target

Tinjau Vaksinasi di Bekasi, Jokowi Harap Herd Immunity Segera TercapaiPresiden Jokowi tinjau vaksinasi massal di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Jawa Barat (youtube.com/Sekretariat Presiden)

Pada kesempatan ini, Jokowi juga sempat berdialog dengan para tenaga kesehatan yang melaksanakan program vaksinasi. Salah satunya yaitu perwakilan dari RS Mitra yang menyebut dalam sehari bisa melakukan vaksinasi hingga 100 peserta.

Mendengar pernyataan tersebut, Jokowi pun mendorong hal itu agar terus dilanjutkan, sehingga bisa mencapai target yang diharapkan pemerintah.

“Kita harapkan semuanya berlanjut tidak hanya hari ini, tetapi terus sehingga sesuai dengan target yang telah diberikan, nanti mencapai herd immunity dan kita harapkan penyebaran COVID bisa kita hambat, atau tidak kemana-mana,” kata dia.

3. Jokowi targetkan 70 juta orang sudah divaksinasi pada Juli 2021

Tinjau Vaksinasi di Bekasi, Jokowi Harap Herd Immunity Segera TercapaiPresiden Joko "Jokowi" Widodo (Dok. Biro Pers Sekretariat Negara)

Sebagai informasi, Jokowi mengingatkan kepala daerah agar terus mendukung program vaksinasi COVID-19. Dia menargetkan, pada Juli 2021, sebanyak 70 juta penduduk Indonesia sudah divaksinasi.

"Dengan cara ini kita harapkan pemulihan kesehatan bisa kita segera capai. Kita ingin nanti di Juli paling tidak 70 juta penduduk kita harus sudah divaksinasi. Nanti kurvanya akan kelihatan turunnya di Juli kalau vaksinasinya bisa mencapai 70 juta orang," tutur Jokowi dalam Rapat Koordinasi Kepala Daerah, yang diunggah di kanal YouTube Sekretariat Presiden, Rabu, 14 April 2021.

Untuk mencapai target pemerintah tersebut, Jokowi berharap target vaksinasi tepat sasaran. Ia ingin kelompok prioritas mendapatkan vaksin terlebih dahulu.

"Sasarannya adalah yang pertama saya kira kita sudah berulang-ulang, tenaga kesehatan, pelayanan publik, kemudian para lansia, kemudian lokasi-lokasi yang interaksi antar masyarakat yang tinggi, dan mobilitasnya tinggi itu yang diberikan prioritas terlebih dahulu," kata Jokowi.

Baca Juga: Catat! Pemkot Bekasi Mulai Gelar Vaksinasi Lansia Hari Ini 

Topic:

  • Rochmanudin
  • Sunariyah
  • Jumawan Syahrudin

Berita Terkini Lainnya