Comscore Tracker

TKN Dapat Tambahan Dana Rp20 Miliar dari Lelang Lukisan 

Harga lelang menjulang tinggi saat Jokowi hadir

Jakarta, IDN Times - Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf menggalang dana kampanye melalui pelelangan karya seniman. Acara pelelangan tersebut dihadiri oleh para pengusaha dan juga perusahaan-perusahaan menengah atas.

Disampaikan oleh Bendahara TKN Jokowi-Ma'ruf, Wahyu Trenggono, lelang tertinggi adalah karya dari Kartika Affandi yang terjual Rp2 miliar. Karya tersebut dibeli oleh politikus Partai Hanura, Nurdin Tampubolon.

Menggalang dana melalui lelang karya seni, Trenggono menyampaikan bahwa TKN saat ini sudah berhasil mendapatkan Rp20 miliar untuk ditambahkan ke dana kampanye.

1. TKN dapat tambahan dana Rp20 miliar hasil lelang lukisan seniman

TKN Dapat Tambahan Dana Rp20 Miliar dari Lelang Lukisan IDN Times/Teatrika Handiko Putri

Setelah TKN menggelar acara pelelangan, dari 73 karya yang dijual dan dilelang, Trenggono mengatakan bahwa dana kampanye yang terkumpul hasil pelelangan sekitar Rp20 miliar. Dan nantinya, tambahan dana tersebut akan dimasukkan ke dalam rekening dana kampanye TKN.

"Sementara terkumpul kurang lebih hampir 20-an. Hampir Rp20 miliar," ujar Trenggono di Hotel Pullman, Jakarta Barat, Senin (11/2).

2. TKN apresiasi antusias pengusaha dan seniman yang berpartisipasi

TKN Dapat Tambahan Dana Rp20 Miliar dari Lelang Lukisan IDN Times/Teatrika Handiko Putri

Trenggono mengungkapkan, dari 73 karya yang dijual dan dilelang, semuanya sudah habis terjual. Dan ia cukup puas melihat antusias para pengusaha dan seniman untuk ikut berpartisipasi dalam acara pelelangan yang digelar oleh TKN tersebut.

"Saya lihatnya lebih kepada antusiasme orang yang hadir kan banyak. Antusiasmenya sangat luar biasa. Artinya budayawan, seniman, pengusaha, semuanya interesting gitu," terang Trenggono.

Baca Juga: Nurdin Tampubolon Beli Lukisan Rp2 Miliar untuk Dana Kampanye Jokowi

3. Harga lelang tinggi saat Jokowi hadir di acara

TKN Dapat Tambahan Dana Rp20 Miliar dari Lelang Lukisan IDN Times/Teatrika Handiko Putri

Menurut Trenggono, hasil pelelangan tertinggi yang mencapai Rp2 miliar karena adanya pengaruh kehadiran calon presiden nomor urut 01, Joko "Jokowi" Widodo. Trenggono bercerita bahwa antusias pengusaha menaikkan harga karena Jokowi yang ikut hadir. Namun, ketika Jokowi meninggalkan acara, harga yang ditawarkan tidak terlalu besar.

"Nah tadi itu (semalam), banyak yang minta selfie, jadi proses pelelangannya lama. Sehingga hasilnya cuma berhasil satu aja yang ketika presiden ada," kata Trenggono.

"Sejujurnya nih, pas calon presiden ada di situ, Pak Jokowi ada di situ, yang dilelang itu tinggi semua. Jadi yang dilelang tinggi cuma satu karena pas ada capres," lanjutnya.

4. TKN harap TKD juga bisa menggelar acara yang untuk menggalang dana kampanye

TKN Dapat Tambahan Dana Rp20 Miliar dari Lelang Lukisan IDN Times/Teatrika Handiko Putri

Melihat antusias para pengusaha dan seniman mengikuti acara pelelangan semalam, Trenggono pun mengimbau kepada Tim Kampanye Daerah (TKD) agar menggelar acara yang sama. Sehingga, dana yang terkumpul nanti bisa digunakan untuk logistik di daerah.

"Gini, saya mengimbau kepada TKD untuk mereka melakukan hal yang sama. Jadi kita men-trigger, tapi hasilnya digunakan untuk kegiatan mereka di daerah.
Jadi misalnya TKD Jatim, Jateng, Medan, kita minta mereka untuk bikin, kita memfasilitasi," terangnya.

5. Jokowi sebut acara hanya penggalangan dana

TKN Dapat Tambahan Dana Rp20 Miliar dari Lelang Lukisan IDN Times/Teatrika Handiko Putri

Penggalangan dana kampanye awal dilakukan secara tertutup ketika Jokowi hadir. Jokowi mengungkapkan acara tersebut hanya penggalangan dana kampanye dari pengusaha melalui lelang karya seniman.

Dia juga sempat menyampaikan pencapaian keberhasilannya dan apa yang sudah dilakukannya selama memimpin 4 tahun ini.

"Saya ngomong apa adanya ya, ini fundraising," kata Jokowi di Hotel Pullman, Jakarta Barat, Senin (11/2).

Baca Juga: Jokowi Terima Medali Kemerdekaan Pers, AJI: Standar Kurang Tinggi 

Topic:

  • Dwifantya Aquina

Just For You