Tol Becakayu Ambruk, Komisi V akan Evaluasi Proyek Infrastruktur Secara Menyeluruh

Prosedur kerja menjadi sorotan DPR

Jakarta, IDN Times - Ambruknya tiang girder proyek Tol Becakayu, Kebon Nanas, Jakarta Timur akan ditinjau ulang, untuk mencari dugaan adanya kelalaian prosedur atau human error. Sebab, kecelakaan kerja proyek ini bukan pertama kali terjadi dan memakan banyak korban pekerjanya.

1. Perlu ada pembenahan dan peninjuan kembali proyek-proyek konstruksi

Tol Becakayu Ambruk, Komisi V akan Evaluasi Proyek Infrastruktur Secara MenyeluruhIDN Times/Teatrika Putri

Anggota Komisi V DPR RI Hamka B Kady menyampaikan keprihatinannya karena kecelakaan kerja proyek sering terjadi. Hamka mengatakan perlu adanya peninjauan dan pembenahan kembali proyek-proyek kontruksi di Indonesia.

Karena, menurut Hamka, kecelakaan kerja proyek ini terjadi yang ketujuh kalinya, dan kebanyakan kecelakaan terjadi pada pagi hari.

“Oleh karena itu, kami semua melihat persoalan ini perlu dibenahi, perlu ditinjau kembali mekanisme kerja dan keselamatan kerja,” ujar Hamka yang meninjau langsung lokasi kejadian di Jalan D I Panjaitan, Jakarta Timur, Selasa (20/2).

Menurut Hamka, evaluasi kerja perlu dilakukan karena bekerja pada malam hari akan menimbulkan kelelahan lebih dibandingkan siang hari. Karena itu, prosedur kerja 24 jam harus ditinjau kembali.

Baca juga: Bekisting Pierhead di Tol Becakayu Ambruk, Begini Cerita Seorang Korban

2. Kontraktor diharapkan perhatikan keselamatan kerja pekerjanya

Tol Becakayu Ambruk, Komisi V akan Evaluasi Proyek Infrastruktur Secara MenyeluruhIDN Times/Teatrika Putri

Hamka berharap para kontraktor lebih mengutamakan keselamatan kerja bagi pekerjanya. 

“Oleh karena itu, kami harapkan kepada kontraktor-kontraktor yang melaksanakan pengerjaan ini memerhatikan keselamatan kerja di atas segala-galanya,” kata dia.

Hamka juga mengingatkan bagi para pekerja jangan memaksakan diri untuk lembur, sehingga menyebabkan kelelahan tingkat tinggi pada malam harinya.

“Kelelahan itulah yang menyebabkan lalainya seseorang, bukan kesalahan teknisnya lalai saja,” ujar Hamka.

3. Komisi V DPR RI akan evaluasi menyeluruh

Tol Becakayu Ambruk, Komisi V akan Evaluasi Proyek Infrastruktur Secara MenyeluruhIDN Times/Teatrika Putri

Banyaknya kecelakaan kerja pada proyek konstruksi akhir-akhir ini menjadi perhatian bagi Komisi V DPR RI. Karenanya, Komisi V DPR RI berencana mengevaluasi secara menyeluruh, khususnya terkait prosedur kerja.

“Itu menjadi perhatian Komisi V, akan dilakukan evaluasi secara menyeluruh. Kami menghargai pemerintah untuk membangun infrastruktur untuk kepentingan kesejahteraan rakyat,” ucap Hamka.

Baca juga: Apa Itu Pier Head? Ini 5 Hal tentang Konstruksi Tol Becakayu

Topik:

Berita Terkini Lainnya