Transportasi Darat Masih Menjadi Favorit Pemudik

Sepeda motor alami pertumbuhan 30 persen

Jakarta, IDN Times - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mendata jika tahun ini, transportasi darat mengalami peningkatan. Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan bahwa transportasi darat masih menjadi favorit masyarakat untuk melakukan mudik Lebaran.

1. Pertumbuhan mobil dan motor meningkat

Transportasi Darat Masih Menjadi Favorit PemudikANTARA FOTO/Galih Pradipta

Menurut Budi, pertumbuhan transportasi darat di tahun ini cukup signifikan. Hal tersebut terjadi, karena transportasi darat seperti mobil dan sepeda motor masih menjadi favorit pemudik untuk melakuka perjalanan.

"Angkutan yang memang seru ya itu adalah darat. Karena referensi masyarakat banyak di darat, yaitu untuk mobil itu mereka tumbuh kira-kira 10-16 persen. Kalau motor tumbuh 30 persen," kata Budi di Gedung DPR RI, Rabu (6/6).

2. Budi anjurkan pemudik motor bisa beralih ke transportasi lain

Transportasi Darat Masih Menjadi Favorit PemudikANTARA FOTO//Risky Andrianto

Budi menyampaikan, karena pertumbuhan sepeda motor juga cukup meningkat di tahun ini, ia pun berharap jika para pemudik yang menggunakan sepeda motor bisa beralih ke angkutan darat lainnya seperti bus atau kereta api. Hal itu ia sampaikan, demi mengurangi angka kecelakaan sepeda motor.

"Motor karena tumbuhnya besar, sementara tahun lalu ada satu kecelakaan-kecelakaan yang diakibatkan motor, oleh karenanya saya mengimbau apabila lebih dari 60 kilometer jangan menggunakan motor," jelas Budi.

Sehingga, lanjutnya, pertumbuhan tersebut harus bisa diatur dengan baik oleh pemerintah.

"Oleh karenanya, pertumbuhan ini yang harus kita atur. Kita harapkan, mereka itu tumbuh pindah ke angkutan lain khususnya bus," sambungnya.

3. Pemudik diharapkan tidak semuanya beralih ke jalan tol

Transportasi Darat Masih Menjadi Favorit PemudikANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya

Budi melanjutkan, terkait jalur mudik, pihaknya telah melakukan pengecekan. Ia mengatakan, jalur mudik dinilainya sudah baik dan siap digunakan, terutama untuk jalur konvensional.

Namun, Budi menganjurkan agar masyarakat tidak semuanya beralih ke jalan tol, karena bisa mengakibatkan kemacetan. Sehingga, ia menyarankan agar masyarakat juga menggunakan jalur Pantura.

"Jalur konvensional sudah saya cek kemarin bagus, saya mengatakan bagus sekali tapi dengan bagus ini membuat referensi masyarakat ke jalan tol. Jadi Jangan semata-mata menggunakan jalan tol, juga bisa menggunakan jalur Pantura," terangnya.

4. Tiket kereta api sudah terjual semua

Transportasi Darat Masih Menjadi Favorit PemudikANTARA FOTO/Sigid Kurniawan

Budi menambahkan, untuk kereta api sendiri tiket sudah terjual semua. Ia juga mengimbau kepada PT KAI agar jadwal kereta bisa tepat waktu dan tetap menjaga kualitas.

"Angkutan kereta api sekarang ini praktis sudah terjual semuanya. Tapi saya minta kepada Dirut KAI untuk menepati waktu, menjaga kualitas, dan juga memperhatikan tempat-tempat kemungkinan kotor," kata Budi.

Untuk angkutan bus, ia menerangkan bahwa saat ini pihaknya masih melakukan ramp check dalam persiapannya menjelang Lebaran.

"Angkutan darat juga bus, bus ini ramp check-nya masih kurang, jadi saya minta peningkatan ramp check," tambahnya.

Topik:

  • Sugeng Wahyudi

Berita Terkini Lainnya