Usai Operasi, SBY Ucapkan Terima Kasih pada Jokowi hingga Megawati

SBY juga ucapkan terima kasih pada masyarakat yang mendoakan

Jakarta, IDN Times - Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) mengucapkan terima kasih kepada Presiden Joko “Jokowi” Widodo hingga Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri, karena telah memberikan perhatian dan doa kepadanya. Sebagaimana diketahui, SBY telah menjalani operasi untuk mengangkat kanker prostat yang ia derita.

“Secara khusus saya sampaikan terima kasih kepada Bapak Presiden Jokowi dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin atas kepedulian, bantuan, dan perhatiannya untuk kelancaran pengobatan saya di Amerika,” kata SBY dalam video yang diunggah di Instagram @aniyudhoyono, Selasa (23/11/2021).

Baca Juga: Alhamdulillah, Kondisi SBY Baik Usai Operasi Kanker Prostat di AS

1. SBY ucapkan terima kasih pada JK dan Boediono juga

Usai Operasi, SBY Ucapkan Terima Kasih pada Jokowi hingga MegawatiJusuf Kalla saat bertemu Presiden Joko Widodo (ANTARA FOTO/Wahyu Putro A)

Selain kepada Jokowi dan Ma’ruf, SBY juga mengucapkan terima kasih kepada Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri. Tak hanya itu, SBY turut ucapkan terima kasih kepada mantan Presiden RI Jusuf Kalla dan Boediono.

“Saya juga haturkan terima kasih kepada Ibu Megawati Soekarnoputri, atas perhatian, kepedulian, dan doa baik Beliau terhadap apa yang saya alami sekarang ini. Kepada Bapak JK, Boediono, atas doanya yang disampaikan kepada saya dan keluarga,” ucap SBY.

“Sahabat saya PM Singapura dan Menlu Singapura yang juga mengirim surat doa atas kesembuhan saya. Itu saya syukuri semua doa dari para sahabat saya,” lanjut SBY.

2. SBY dalam kondisi baik dan sedang jalani pemulihan

Usai Operasi, SBY Ucapkan Terima Kasih pada Jokowi hingga MegawatiMantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (kanan) bersama mantan Wapres Jusuf Kalla (kiri) menghadiri pemakaman mantan Menteri Sekretaris Negara Sudi Silalahi di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta, Selasa (26/10/2021). (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak)

Berikutnya, SBY juga mengucapkan terima kasih kepada masyarakat yang telah mendoakan kesembuhannya. SBY mengaku saat ini kondisinya baik dan sedang menjalani pemulihan pasca-operasi.

“Beberapa saat mendatang saya masih akan berada di Rochester untuk kelanjutan recovery, dan insyaallah nanti pada saatnya akan kembali ke Tanah Air,” tutur SBY.

3. SBY mengidap kanker prostat stadium satu

Usai Operasi, SBY Ucapkan Terima Kasih pada Jokowi hingga MegawatiANTARA FOTO/Muhammad Adimaja

Sebelumnya, staf pribadi SBY, Ossy Dermawan, menyampaikan bahwa Presiden ke-6 RI itu didiagnosa terkena kanker prostat stadium awal. Akibat kondisi kesehatannya itu, SBY pun menjalani perawatan di Amerika Serikat.

"Sesuai dengan diagnosa dari tim dokter, Bapak SBY mengalami kanker prostat (prostate cancer). Berdasarkan hasil pemeriksaan baik melalui metode MRI, biopsi, Positron Emission Tomography (PET) Specific Membrane Antigen (SMA) scan dan pemeriksaan yang lain, kanker prostat yang diderita oleh Bapak SBY masih berada dalam tahapan (stadium) awal," ujar Ossy dalam keterangannya, Selasa (2/11/2021).

Ossy menyebutkan, tim dokter kepresidenan menyimpulkan semua opsi terbuka untuk mengobati penyakit yang diderita SBY. Dari hasil kesepakatan, SBY akan menjalani pengobatan di luar negeri.

"Setelah dilakukan konsultasi yang mendalam dengan Tim Dokter Indonesia, termasuk para urolog senior, diputuskan medical treatment dilakukan di sebuah rumah sakit di luar negeri yang memiliki pengalaman panjang dan teknologi yang maju untuk menangani kanker prostat," ucapnya.

Baca Juga: SBY Sudah Selesai Operasi Kanker di AS, AHY: Alhamdulilah Lancar

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya