Visi Misi Jokowi di Debat Pilpres, Kualitas SDM TNI Jadi Perhatian

Jokowi ingatkan tantangan perang cyber di masa depan

Jakarta, IDN Times - Calon presiden nomor urut 01, Joko "Jokowi" Widodo, mengungkapkan visi misi dan programnya ke depan di bidang pertahanan dan keamanan, hubungan internasional, ideologi, dan pemerintahan. Jokowi mengatakan untuk bidang pertahanan dan keamanan, ia akan lebih meningkatkan lagi sumber daya manusia (SDM) TNI di Indonesia, terutama untuk menghadapi perang cyber.

"Peningkatan kualitas SDM, pengembangan kualitas SDM TNI sangat diperlukan, terutama dalam pengusaan senjata dan cyber. Karena ke depannya perangnya adalah teknologi. Kalau kita belum mampu akan lakukan join produksi dengan negara lain," ujar Jokowi.

Sementara, di bidang ideologi, ia mengatakan bahwa akan memperkuat Pancasila sebagai ideologi Indonesia.

"Pancasila adalah kesepakatan para pendiri bangsa, para pemimpin bangsa dari berbagai organisasi, suku, ras ,agama. Oleh sebab itu, menjadi kewajiban kita menjaga, merawat, dan menjalankan Pancasila dalam sehari-hari," ungkapnya.

Sementara, di bidang hubungan internasional, Jokowi menyampaikan ingin membuat Indonesia terlibat dalam pertemuan-pertemuan penting di kancah internasional.

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya