Waduh! 3 Pekan Berturut-turut DKI Sumbang Kasus COVID Terbanyak di RI

Pekan ini DKI Jakarta berada di posisi pertama

Jakarta, IDN Times - Juru Bicara Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 Wiku Adisasmito mengatakan, DKI Jakarta menjadi salah satu provinsi penyumbang kasus COVID-19 terbanyak pekan ini. Bahkan, DKI Jakarta masuk ke dalam lima besar wilayah dengan kenaikan kasus tertinggi selama tiga pekan berturut-turut.

"DKI Jakarta sudah tiga minggu berturut-turut di lima besar penambahan kasus positif mingguan tertinggi. Bahkan, di pekan ini berada di peringkat pertama," ujar Wiku dalam keterangan pers yang disiarkan langsung di channel YouTube Sekretariat Presiden, Selasa (24/11/2020).

Baca Juga: Rizieq Shihab Diklaim Sudah Tes Usap, FPI: Hasilnya Negatif COVID-19

1. Satgas minta Anies tindak tegas pelanggar protokol kesehatan

Waduh! 3 Pekan Berturut-turut DKI Sumbang Kasus COVID Terbanyak di RIGubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di Polda Metro Jaya (Dok.Humas Pemprov DKI Jakarta)

Tingginya angka kasus COVID-19 di DKI membuat Wiku meminta Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bersama aparat penegak hukum untuk menindak warga yang melanggar protokol kesehatan, sesuai aturan yang berlaku. Menurutnya, jangan sampai kerja keras pemerintah dan semua pihak sia-sia untuk menekan kasus COVID-19.

"Untuk itu, mohon betul ditingkatkan kapasitas pemeriksaan COVID-19, terutama orang-orang dengan riwayat perjalanan, serta lakukan penelusuran kontak erat dengan masif untuk mendeteksi kasus," ucap Wiku.

2. Ada lima provinsi dengan kenaikan kasus tertinggi pekan ini

Waduh! 3 Pekan Berturut-turut DKI Sumbang Kasus COVID Terbanyak di RIANTARA FOTO/Muhammad Adimaja

Menurut Wiku, pada pekan ini kasus COVID-19 di Indonesia meningkat sebesar 3,9 persen dari minggu sebelumnya.

"Pada pekan ini di level nasional terjadi kenaikan kasus 3,9 persen dibanding pekan sebelumnya. Kenaikan ini disumbang oleh 5 provinsi tertinggi," kata Wiku.

Ia menuturkan, terdapat lima provinsi yang menyumbang kasus tertinggi di pekan ini. Kelima provinsi itu adalah DKI Jakarta, Riau, Jawa Timur, Yogyakarta, dan Sulawesi Tengah.

"DKI Jakarta naik 1.937 dari 6.600 menjadi 8.537. Kedua, Riau naik 1.166 dari 867 menjadi 2.033. Ketiga, Jawa Timur naik 736 dari 1.666 menjadi 2.392. DI Yogyakarta naik 338 dari 281 menjadi 619. Sedangkan kelima, Sulawesi Tengah naik 245 dari 111 menjadi 356," terang Wiku.

3. Satgas minta kepala daerah di 5 provinsi ambil langkah konkret untuk tekan kasus

Waduh! 3 Pekan Berturut-turut DKI Sumbang Kasus COVID Terbanyak di RIJuru Bicara Satgas COVID-19 Wiku Adisasmito berpose usai memberikan keterangan di Kantor Presiden, Jakarta (ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay)

Melihat kenaikan kasus di lima provinsi tersebut, Satgas mengimbau pemerintah daerah untuk mengambil langkah konkret dalam penanganan COVID-19. Hal itu penting guna menekan penyebaran kasus virus corona di lima provinsi.

"Kami melihat tren 5 kasus penambahan kumulatif tertinggi masih konsisten pada 5 provinsi pada pekan ini dan pekan sebelumnya. Tidak ada perubahan secara signifikan," ujar Wiku.

Pemerintah melalui Satuan Tugas Penanganan COVID-19, menggelar kampanye 3 M: Gunakan Masker, Menghindari Kerumunan atau jaga jarak fisik dan rajin Mencuci tangan dengan air sabun yang mengalir. Jika protokol kesehatan ini dilakukan dengan disiplin, diharapkan dapat memutus mata rantai penularan virus. 

Menjalankan gaya hidup 3 M, akan melindungi diri sendiri dan orang di sekitar kita. Ikuti informasi penting dan terkini soal COVID-19 di situs covid19.go.id dan IDN Times.

Baca Juga: Pasien COVID-19 Rawat Inap di Wisma Atlet Bertambah Jadi 2.075

Topik:

  • Sunariyah
  • Hidayat Taufik

Berita Terkini Lainnya