Wilayah Bodebek Sumbang 70 Persen Kasus COVID-19 di Jawa Barat 

Gawat! Tidak ada kabupaten/kota zona hijau di Jabar saat ini

Jakarta, IDN Times - Wilayah Bogor, Depok, Bekasi menjadi penyumbang terbesar kasus COVID-19 di Jawa Barat. Juru Bicara Satuan Tugas (Satgas) COVID-19, Wiku Adisasmito, mengatakan bahwa wilayah-wilayah tersebut menyumbang 70 persen kasus di Jawa Barat.

"Kabupaten kota penyangga yakni Kota Bekasi, Kabupaten Bekasi, Kota Bogor, Kabupaten Bogor, dan Depok adalah penyumbang kasus tertinggi di Jawa Barat sebesar 70 persen," kata Wiku dalam keterangan persnya yang disiarkan langsung di channel YouTube Sekretariat Presiden, Kamis (17/9/2020).

1. Kenaikan kasus di Jawa Barat naik 9,3 persen dalam sepekan

Wilayah Bodebek Sumbang 70 Persen Kasus COVID-19 di Jawa Barat Pemeriksaan suhu tubuh sopir angkot di Simpang Air Mancur, Kota Bogor, Jawa Barat, pada 8 April 2020. ANTARA FOTO/Arif Firmansyah

Wiku menyampaikan, di Jawa Barat saat ini tidak ada kabupaten/kota yang berzona hijau. Bahkan, kenaikan kasus di Jawa Barat selama sepekan ini mencapai 9,3 persen.

"Ini adalah perlu menjadi perhatian agar betul-betul kondisi, terutama daerah yang menempel di DKI Jakarta dapat diturunkan kasusnya agar perbaiki kinerja Provinsi Jawa Barat," ujar Wiku.

Baca Juga: Allert! 4 Daerah dengan Kasus Kematian Kumulatif COVID-19 Tertinggi

2. Daftar 4 wilayah dengan jumlah kumulatif kasus kematian tertinggi

Wilayah Bodebek Sumbang 70 Persen Kasus COVID-19 di Jawa Barat Seorang warga yang tidak mengenakan masker melintas, di depan mural yang berisi pesan waspada penyebaran virus Corona di kawasan Tebet, Jakarta, Selasa (8/9/2020). ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat

Wiku memberi peringatan kepada wilayah-wilayah yang memiliki jumlah kumulatif kematian terbanyak. Wiku memaparkan, terdapat empat wilayah dengan jumlah kumulatif kematian tertinggi, yaitu Surabaya, Semarang, Jakarta Pusat dan Makassar.

"Karena empat kota ini masuk dalam 10 besar kabupaten/kota dengan jumlah kumulatif kematian tertinggi dan laju kematian tertinggi per 100.000 penduduk. Kepada 4 kota ini agar betul-betul dapat menurunkan jumlah kumulatif kematian dan laju kematiannya," papar Wiku.

Selanjutnya, Wiku juga menyampaikan dalam satu minggu terakhir ini, kasus kematian tertinggi berada di Jawa Timur dengan jumlah 218 orang. Sementara, peningkatan tertinggi dalam sepekan ini ada di Sumatra Barat.

"Peningkatan tertinggi ada di Sumbar, meningkat 150 persen dari minggu sebelumnya," ucap Wiku.

3. Bali, DKI Jakarta, Kalimantan Timur jadi provinsi dengan laju kematian tertinggi

Wilayah Bodebek Sumbang 70 Persen Kasus COVID-19 di Jawa Barat ANTARA FOTO/Aprillio Akbar

Untuk wilayah dengan laju kematian tertinggi, Wiku menyebut terdapat 3 provinsi. Ketiganya adalah Bali, DKI Jakarta, dan Kalimantan Timur, provinsi yang memiliki laju kematian tertinggi.

Lebih lanjut, Wiku meminta kepada kepala daerah agar terus memantau perkembang kasus secata keseluruhan, termasuk kematian di wilayahnya.

"Pelayanan kesehatan yang baik, penanganan yang tepat dan cepat pada kasus COVID, terutama pada usia rentan dan gejala berat adalah kunci menekan angka kematian," tuturnya.

Baca Juga: 4 Wilayah Masuk Zona Merah COVID-19 di Jawa Barat, Depok Tertinggi

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya