Comscore Tracker

Wiranto: Bom Sibolga Tidak Ada Kaitannya dengan Pemilu

Wiranto imbau masyarakat tidak perlu panik dengan isu bom

Jakarta, IDN Times - Menko Polhukam Wiranto menegaskan ledakan bom yang terjadi di Sibolga, Sumatera Utara, tidak terkait dengan Pemilu sama sekali. Ia menjamin Pemilu 2019 akan berjalan dengan aman, sehingga masyarakat tidak perlu panik.

Baca Juga: Istri dan Anak Terduga Teroris Sibolga Diduga Lakukan Bom Bunuh Diri 

1. Wiranto imbau masyarakat tidak perlu khawatir dengan ledakan bom di Sibolga

Wiranto: Bom Sibolga Tidak Ada Kaitannya dengan PemiluIDN Times/Teatrika Handiko Putri

Wiranto meminta masyarakat agar tidak panik terhadap ledakan bom yang terjadi di Sibolga. Dia pun mengimbau agar masyarakat tidak terpengaruh isu-isu yang berkembang.

Menurut Wiranto, selama ini aparat kepolisian sudah melakukan pemantauan terhadap jaringan-jaringan teroris. Bahkan, sudah melakukan pendekatan yang kuat.

"Aparat kita memang tidak bisa memonitor mereka semua, tetapi yang saya ketahui dari laporan dan realitas di lapangan, aparat kita sangat kuat melakukan hard approach dan soft approach," kata Wiranto di Istana Negara, Jakarta Pusat, Rabu (13/3).

2. Hard approach yang dilakukan aparat adalah 'menghabisi' pelaku teror bila melawan

Wiranto: Bom Sibolga Tidak Ada Kaitannya dengan Pemilu(Ilustrasi. Gaya Densus 88 Antiteror Mabes Polri saat penangkapan terduga teroris) IDN Times/Syahrul Prayuda

Wiranto menjelaskan, kepolisian telah melakukan hard approach dan soft approach dalam memberantas sel-sel teroris. Hard approach yang dilakukan adalah langsung menangkap pelaku terduga teror, dan apabila mereka melawan, maka akan langsung 'dihabisi' oleh aparat.

"Tapi di hulu kita sudah mulai membangun satu sistem dimana masyarakat yang termarginalkan diberi penyuluhan bahwa terorisme itu jahat, terorisme bukan akidah agama, sehingga ketika mereka bergerak bukan dalam rangka Pemilu, sabotase sesuatu program," kata Wiranto.

Baca Juga: Wali Kota Sibolga Sebut Masih Banyak Bahan Peledak di Rumah Teroris

3. Wiranto menduga ada pihak yang sengaja mainkan isu pemilu tidak aman

Wiranto: Bom Sibolga Tidak Ada Kaitannya dengan PemiluIDN Times/Teatrika Handiko Putri

Wiranto menduga ada beberapa pihak yang sengaja memainkan isu ledakan bom dikaitkan dengan Pemilu. Seakan-akan, pemilu tidak aman.

"Pemilu tetap kita jaga, sudah kita petakan, amati melalui indeks kerawanan pemilu. Dan kita sudah melakukan langkah-langkah untuk menetralisir itu semua, jangan dikait-kaitkan," ujar dia.

4. Pengejaran pelaku terorisme masih terus dilakukan

Wiranto: Bom Sibolga Tidak Ada Kaitannya dengan PemiluGaris polisi (ANTARA FOTO/Adeng Bustomi)

Terkait pemberantasan pelaku terorisme, Wiranto mengungkapkan aparat kepolisian masih terus melakukan pengejaran. Terutama saat ini sudah ada UU Terorisme yang membuat pihak kepolisian bebas bergerak menangkap para pelaku terorisme.

"Terus kita kejar, kan UU Terorisme sudah direvisi sehingga punya keleluasaan untuk menangkap mereka walau belum aksi. Kalau dulu harus ada aksi baru ditangkap, sekarang belum aksi sudah ditangkap," ucap Wiranto.

Baca Juga: Meledakkan Diri, Jenazah Istri Terduga Teroris Sibolga Ditemukan

Topic:

  • Dwifantya Aquina
  • Rochmanudin

JADWAL SALAT & IMSAK

22
MEI
2019
17 Ramadan 1440 H
Imsak

04.25

Subuh

04.35

Zuhur

11.53

Asar

15.14

Magrib

17.47

Isya

19.00

#MILLENNIALSMEMILIH

Versi: 22 May 2019 05:15:05

Progress: 759.353 dari 813.350 TPS (93.36116%)

Just For You