1.598 Personel  Dikerahkan di Kawasan Jakpus saat Malam Tahun Baru

Untuk amankan Misa dan perayaan pergantian tahun

Jakarta, IDN Times - Sebanyak 1.598 personel gabungan dikerahkan pada malam pergantian tahun 2023.  Kapolres Metro Jakarta Pust Kombes Komarudin, menjelaskan seribu lebih personel bersiaga malam ini dengan konsep pengamanan yang dibagi dua bagian besar.

"Yang pertama tim akan mengamankan pelaksaan Misa di beberapa geraja yang masih berlangsungg hingga Misa terakhir pukuk 21.00 WIB," kata dia, Sabtu (31/12/2022).

1. Sejumlah titik krusial diamankan di sekitaran Sudirman-Thamrin

1.598 Personel  Dikerahkan di Kawasan Jakpus saat Malam Tahun BaruSuasana Thamrin saat PSBB Jakarta (IDN Times/Besse Fadhilah)

Kedua, pengamanan aktivitas masyarakat secara umum yang akan melaksanakan perayaan malam pergantian tahun. Pada kegiatan kedua ini ada beberapa titik rusial yang diamankan yang menjadi atensi khusus

"Di antaranya ruas Jalan Sudirman-Thamrin, di mana kita ketahui Sudirman-Thamrin akan ada dan digelar sebanyak tujuh panggung hiburan, yang masuk wilayah kami itu ada enam panggung, mulai dari FX sampai dengan Thamrin 10," ujarnya.

Ada tujuh panggung dengan berbagai macam aliran musik. Pada titik Dukuh Atas disajikan musik dangdut koplo. Kemudian di FX Sudirman disajikan musik aliran pop-rock, di Bundaran HI musik jazz. 

2. Aktivitas di Monas dibatasi

1.598 Personel  Dikerahkan di Kawasan Jakpus saat Malam Tahun BaruSuasana Monumen Nasional (Monas) dari ketinggian Gedung Perpustakaan Nasional (Perpusnas) (ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra)

Komarudin mengatakan, pengamanan juga dilakukan di Monas. Area ini akan dibuka sampai pukul 01.00 dini hari. Jadi, masyarakat yang akan merayakan tahun baru di Monas diperbolehkan beraktivitas di kawasan ini.

"Namun tentunya ada batas-batasan, di antaranya yakni aktivitasnya mercon, kemudian juga cawan monas akan ditutup," tuturnya.

Artinya masyarakat tidak bisa naik ke atas puncak Monas, dan hanya bisa melakukan aktivitas malam pergantian tahun di lingkungan Monas.

3. Pengunjung di Lapangan Banteng dan Pos Bloc diharapkan dapat terurai

1.598 Personel  Dikerahkan di Kawasan Jakpus saat Malam Tahun BaruTempat wisata Pos Bloc Jakarta yang terletak di dalam Gedung Filateli Jakarta Pusat (IDN Times/Annisa Dewi Lestari)

Kemudian, berikutnya di seputaran Lapangan Banteng dan Pos Bloc. Di sana ada panggung acara musik. Tak luput dari pengamanan adalah titik di Benyamin Sueb.

"Pengalaman tahun lalu di sana dibanjiri pengunjung ataupun masyarakat yang akan menghabiskan malam tahun baru di sana," kata dia.

Namun diharapkan dengan disebarkan kegiatan di beberapa titik itu bisa mengurai aktivitas masyarakat tidak pada satu titik saja, seperti di Monas, Sudirman-Thamrin, dan Pos Bloc.

"Termasuk di pusat dan TMII sehingga masyarakat bisa melaksanakan malam tahun baru diberbagai titik yang sudah dipersiapkan dan difasilitasi oleh pemerintah," ujar Komarudin.

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya