Comscore Tracker

Gempa Cianjur Sebabkan Longsor, Kementerian PUPR Kirim Alat Berat

Belum ditemukan jalan terputus karena kerusakan struktur

Jakarta, IDN Times - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mengerahkan alat berat untuk menyingkirkan pohon tumbang yang menghalangi jalan, dampak gempa bumi di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, Senin (21/11/2022) siang. Alat berat dan personil juga dikirim untuk membersihkan tanah longsor. 

"Kita sedang mobilisasi personil dan alat berat dari lokasi terdekat (sekitar 10 km) untuk pembersihan jalan nasional dari pohon tumbang, dan tanah dari longsoran tebing," kata Juru Bicara Kementerian PUPR, Endra S. Atmawidjaja.

Hal itu dilakukan agar lalu lintas di jalan nasional dari Puncak-Cipanas-Cianjur kembali normal dan dapat dilalui kendaraan pasca-gempa. Pihaknya telah menerima laporan terjadi pohon tumbang di Kecamatan Cugenang.

"Salah satu lokasi yang sudah kita terima laporannya dari lapangan adalah di Kecamatan Cugenang, pada ruas jalan nasional antara Kota Cianjur ke Puncak," ujar Endra.

Sejauh ini, Endra memastikan, belum ditemukan jalan yang terputus akibat kerusakan di struktur jalan. Kementerian PUPR juga telah menyiapkan langkah antisipatif jika terjadi gempa dan longsor susulan.

"Sementara tidak ada jalan yang putus karena kerusakan struktur, tetapi putus karena tertutup pohon yang tumbang dan longsoran tanah. Kita siagakan personil dan alat berat di lokasi Cugenang tersebut untuk antisipasi gempa dan longsoran susulan," tambahnya.

Baca Juga: Korban Tewas Gempa di Kabupaten Cianjur Jadi 46 Orang

Topic:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya