Comscore Tracker

Permintaan Kapolda Pakai Sirkuit Formula E Buat Street Race Ditolak

Sirkuit Formula E hanya untuk roda empat

Jakarta, IDN Times - Ketua Panitia Pelaksana Organizing Committee Formula E Jakarta, Ahmad Sahroni, menyatakan lintasan balap Formula E tidak bisa digunakan untuk ajang balap kendaraan roda dua. Hal itu merespons keinginan Kapolda Metro Jaya, Irjen Pol M Fadil Imran menjadikan perhelatan street race dilaksanakan di lintasan balap Formula E, Ancol, Jakarta Utara.

"Sebenarnya kami apresiasi Kapolda yang ingin juga memberikan kesempatan kepada roda dua," kata Sahroni kepada wartawan, Jumat (24/6/2022).

Baca Juga: Kapolda Metro Mau Pinjam Sirkuit Formula E Buat Street Race 

1. Tak sesuai kebutuhan

Permintaan Kapolda Pakai Sirkuit Formula E Buat Street Race DitolakAhmad Sahroni (IDN Times/Aryodamar)

Dia menjelaskan ada regulasi dari homologasi Federation Internationale de l'Automobile (FIA). Formula E Jakarta, dalam hal ini mempunyai standar grade 3 yang memang diperuntukkan bagi kendaraan roda empat. Secara standar keselamatan pun berbeda.

"Jadi, kami tidak berlakukan roda dua untuk sirkuit tersebut. Ini untuk mobil," jelasnya.

Sedangkan pelaksanaan balap mobil terbuka peluang. Dia menjelaskan kemungkinan akan direalisasikan kegiatan dengan IMI. 

"Tapi untuk roda dua kemungkinan tidak kami berikan fasilitasnya karena sudah ada penilaian dari FIA, sirkuit itu hanya untuk kendaraan roda empat," ujar Sahroni.

2. Motif gelar balap motor di Ancol

Permintaan Kapolda Pakai Sirkuit Formula E Buat Street Race DitolakKapolda Metro Jaya, Irjen Pol. Fadil imran (Dok. Humas Polda Metro Jaya)

Kapolda, Irjen Fadil Imran, sebelumnya menyampaikan harapan agar Pemprov DKI dapat menyetujui rencana penyelenggaraan street race di sirkuit Formula E.

"Karena saya lihat lumayan itu kalau lintasan yang ada di Formula E kemarin bisa dipakai," kata Irjen Fadil Imran disitat Antara, saat membuka ajang Meikarta Street Race di Cikarang, Kabupaten Bekasi, Sabtu (18/6/2022).

Dia menilai, sirkuit Formula E sangat nyaman bagi pembalap sehingga pihaknya berkeinginan untuk dapat menggelar ajang street race tersebut di lokasi itu.

Apalagi street race merupakan salah satu solusi untuk terus mengurangi adanya balap liar yang dilakukan di lintasan ilegal.

"Kalau tidak ada sirkuit, sampai botak, kita larang terus mau disuruh ke mana," katanya.

3. Harap gagasannya bisa terwujud

Permintaan Kapolda Pakai Sirkuit Formula E Buat Street Race DitolakFoto udara lintasan Sirkuit Jakarta International E-Prix Circuit (JIEC) yang telah diaspal di kawasan Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta, Rabu(13/4/2022). (ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja)

Eks Kapolda Jawa Timur ini juga menganggap fasilitas tersebut bisa mengembangkan dunia otomotif di Kota Metropolitan, misalnya DKI Jakarta.

Dan dia berharap agar gagasan tersebut bisa terwujud, sehingga generasi muda pencinta sepeda motor bisa berkompetisi secara lebih profesional lagi.

"Mudah-mudahan bisa disampaikan supaya nanti kalau rapat sudah nyambung semuanya," ujarnya.

Baca Juga: Survei INDEF soal Formula E Jakarta: Millennials Puas

Topic:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya