PGI Berduka Cita atas Wafatnya Paus Benediktus XVI

Paus Benediktus dikenal sosok teguh menjaga kemurnian gereja

Jakarta, IDN Times - Persekutuan Gereja-Gereja di Indonesia (PGI) berbelasungkawa atas wafatnya Paus Emeritus Benedictus XVI. Paus Benediktus XVI meninggal dunia pada usia 95 tahun karena sakit.

"Atas nama gereja-gereja di Indonesia, saya menyampaikan duka mendalam atas berpulangnya Paus Emeritus Benedictus XVI, pada usia 95, hari ini (31/12/2022) di Vatican's Mater Ecclesiae Monastery," kata Ketua Umum PGI, Pendeta Gomar Gultom dalam keterangan tertulis, Sabtu (31/12/2022).

Benediktus XVI memimpin Gereja Katolik selama kurang lebih delapan tahun, hingga pada 2013 ia mengundurkan diri karena alasan usia. Ia menjadi Paus yang mengundurkan diri kedua kalinya setelah Gregorius XII pada 1415.

"Beliau telah mengakhiri pertandingannya dan kini dimahkotai mahkota kehidupan," ujar Gultom.

Menurutnya, Benediktus XVI adalah sosok yang teguh mempertahankan kemurnian ajaran gereja. Meski terkesan ortodoks, dengan menentangi pemikiran para teolog progresif seperti teologi pembebasan, dan penolakannya atas aborsi, eutanasia, dan LGBT, menurutnya Paus Benediktus XVI sangat terbuka dan mendorong dialog antar gereja, dan bahkan antar agama.

Lahir dengan nama Joseph Ratzinger di Jerman, Benediktus juga pernah menjadi Uskup Agung di Munich pada 1977 dan 1982.

Benediktus XVI mengejutkan umat Katolik di dunia ketika pada 2013 memutuskan mengundurkan diri. Benediktus dikenal sebagai sosok yang konservatif dan tradisionalis, serta melawan aktivisme sosial teologi pembebasan.

Baca Juga: Eks Paus Benediktus XVI Meninggal Dunia

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya