Comscore Tracker

Sosok Fahmi Alamsyah yang Diduga Susun Skenario Pembunuhan Brigadir J

Polri mendalami peran Fahmi Alamsyah

Jakarta, IDN Times - Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit memastikan, Tim Khusus (Timsus) Polri akan memeriksa Penasihat Ahli Kapolri bidang Komunikasi Publik, Fahmi Alamsyah.

Dia menjadi sorotan publik karena diduga ikut membuat skenario polisi tembak polisi dalam kasus pembunuhan Brigadir J atau Nofriansyah Yosua Hutabarat. Brigadir J ditemukan tewas bersimbah darah di rumah dinas Irjen Pol Ferdy Sambo pada Jumat, 8 Juli 2022. Lantas, siapa sosok Fahmi Alamsyah?

Baca Juga: Diduga Susun Skenario Pembunuhan, Timsus Periksa Fahmi Alamsyah

1. Fahmi Alamsyah ditunjuk jadi penasihat ahli oleh mantan Kapolri Idham Azis

Sosok Fahmi Alamsyah yang Diduga Susun Skenario Pembunuhan Brigadir JKapolri Jenderal Idham Aziz. ANTARA FOTO/Wahyu Putro A

Mengutip ANTARA, Selasa (9/8/2022), Fahmi Alamsyah direkrut sebagai Penasihat Ahli Kapolri bidang Komunikasi Publik pada Januari 2020 saat posisi Kapolri dijabat oleh Jenderal Polisi Idham Azis.

Fahmi Alamsyah ditunjuk bersama 16 penasihat ahli lainnya yang tertuang dalam Surat Keputusan Kapolri Nomor KEP/117/I/2020 yang ditandatangani pada Selasa, 21 Januari 2020.

Tak banyak informasi yang dapat digali mengenai sosok Fahmi Alamsyah.

2. Fahmi Alamsyah jika terbukti terlibat akan diproses secara hukum

Sosok Fahmi Alamsyah yang Diduga Susun Skenario Pembunuhan Brigadir JKapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo umumkan tersangka baru pembunuhan Brigadir J pada Selasa (9/8/2022). (IDN Times/Irfan Fathurohman)

Dijelaskan oleh Kapolri, Fahmi Alamsyah akan diproses secara hukum jika memang terbukti ikut andil dalam kasus pembunuhan Brigadir J.

“Kami sedang melakukan pendalaman kalau ditemukan nanti kita proses,” kata Kapolri di Mabes Polri, Selasa (9/8/2022) petang.

Dalam peristiwa pembunuhan Brigadir J, Kapolri memastikan tidak ada peristiwa polisi tembak polisi. Tapi yang terjadi sebenarnya adalah penembakan terhadap Brigadir J. Ferdy Sambo juga menggunakan senjata Brigadir J dan menembakkan ke tembok untuk merekayasa peristiwa.

3. Pernyataan Kapolri soal motif Irjen Ferdy Sambo bunuh Brigadir J

Sosok Fahmi Alamsyah yang Diduga Susun Skenario Pembunuhan Brigadir JSuasana rumah Kadiv Propam Polri Irjen Ferdy Sambo di kompleks Polri Duren Tiga, Jakarta Selatan, Jumat (15/7/2022). (IDN Times/Dini Suciatiningrum)

Tim Khusus (Timsus) Polri telah menetapkan Ferdy Sambo sebagai tersangka dalam kasus pembunuhan Brigadir J. Penetapan itu diumumkan langsung oleh Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo.

Menurut keterangan Listyo Sigit, Ferdy Sambo merupakan orang yang memberi perintah penembakan ke Brigadir J. Hanya saja, hingga kini motif yang menyebabkan Irjen Ferdy Sambo mengeluarkan perintah tersebut belum diketahui.

"Motif atau pemicu terjadinya peristiwa penembakan tersebut saat ini tentunya sedang dilakukan pemeriksaan dan pendalaman," kata Listyo Sigit.

Baca Juga: Ini Peran Ferdy Sambo dan 3 Tersangka di Kasus Pembunuhan Brigadir J

Topic:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya