Survei SMRC: Ganjar Pranowo Ungguli Anies dan Prabowo

Dukungan ke Ganjar terus meningkat

Jakarta, IDN Times - Elektabilitas Ganjar Pranowo jelang Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 semakin meroket berdasarkan hasil survei Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC). Hasil survei menunjukkan, dalam semua simulasi, Ganjar unggul atas semua tokoh yang potensial maju Pilpres.

Dalam pertanyaan terbuka kepada responden, Ganjar menempati urutan pertama dengan dukungan 17,6 persen, disusul Prabowo Subianto 12,6 persen.

Ada pula nama Joko Widodo dengan dukungan 12,5 persen, Anies Baswedan 9,1 persen, Ridwan Kamil 4,3 persen, dan nama-nama lain di bawah 2 persen. Namun, masih ada 32,4 persen warga yang belum menyebutkan nama calon pada pertanyaan terbuka tersebut.

Baca Juga: Relawan Mak Ganjar Zikir Doakan Ganjar Pranowo Jadi Presiden

1. Ganjar lampaui Prabowo dan Anies

Survei SMRC: Ganjar Pranowo Ungguli Anies dan PrabowoGubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo (Instagram.com/@ganjar_pranowo)

Direktur Riset SMRC, Deni Irvani, mengatakan, dukungan spontan untuk Gubernur Jawa Tengah tersebut mengalami penguatan. Dukungan spontan kepada Ganjar naik dari 6,1 persen pada Maret 2021 menjadi 17,6 persen pada Agustus 2022.

Sementara itu, dukungan kepada Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo turun tipis, dari 13,4 persen menjadi 12,6 persen. Sementara Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, naik dari 5,4 persen menjadi 9,1 persen.

"Dukungan kepada Prabowo tidak banyak berubah dari 13,4 persen menjadi 12,6 persen, Anies cenderung naik dari 5,4 persen menjadi 9,1 persen," kata Deni dalam keterangannya, Minggu (21/8/2022).

Baca Juga: Ganjar Pranowo Ingatkan Bahayanya Politik Identitas Jelang 2024

2. Survei mengerucutkan tiga nama yang dipilih sebagai presiden

Survei SMRC: Ganjar Pranowo Ungguli Anies dan PrabowoGubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (Dok.Humas Pemprov DKI Jakarta)

Dalam simulasi pilihan tertutup terhadap tiga nama, Deni mengatakan bahwa Ganjar mendapat dukungan terbanyak sebesar 32 persen, disusul Prabowo 30,8 persen, dan Anies 21,9 persen. Ada 15,3 persen yang belum menjawab.

Dia menjelaskan, sejak Mei 2021 ke Agustus 2022, dukungan kepada Ganjar naik dari 25,5 persen menjadi 32 persen, sedangkan Prabowo turun dari 34,1 persen menjadi 30,8 persen dan Anies melemah dari 23,5 persen menjadi 21,9 persen.

Deni menyimpulkan, Ganjar Pranowo adalah tokoh yang paling potensial dalam Pilpres mendatang.

“Dukungan kepadanya terus naik, dan dalam survei terakhir (Agustus 2022) ia unggul atas nama-nama lainnya,” katanya.

Baca Juga: Bupati Pemalang Kena OTT, Ganjar Pranowo: KPK Sudah Beri Kode

3. Ada tiga faktor yang menyebabkan elektabilitas Ganjar naik

Survei SMRC: Ganjar Pranowo Ungguli Anies dan PrabowoIDN Times/Dhana Kencana

Deni mengatakan, signifikannya kenaikan dukungan terhadap Ganjar dipengaruhi tiga faktor. Pertama, dia dinilai konsisten menjadi tokoh yang lebih disukai dibandingkan lawan-lawannya yang kompetitif. Setidaknya, ada 83 persen dari yang mengetahui sosoknya, mengaku suka pada Ganjar Pranowo.

Kedua, keterkenalan Ganjar oleh masyarakat secara perlahan terus naik. Pada survei Maret 2021, Ganjar baru dikenal sekitar 54 persen warga. Angkanya naik signifikan menjadi 71 persen pada Agustus 2022.

Ketiga, kedekatan dan interaksi Ganjar dengan Joko Widodo beberapa kali belakangan ini memindahkan dukungan dari Jokowi ke Ganjar Pranowo.

Baca Juga: Jokowi Tak Masalah Dianggap Beri Restu ke Prabowo dan Ganjar

Topik:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya