Cecar Mahfud MD, Benny K Harman: Saya Punya Prasangka Jelek!

Dia pertanyakan apakah Mahfud MD punya motif politik

Jakarta, IDN Times - Rapat Komisi III DPR RI dengan Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD dan Ketua Pusat Pelaporan dan Analisa Transaksi Keuangan (PPATK) Ivan Yustiavandana, berlangsung panas lantaran banyak anggota DPR yang menyampaikan interupsi pada Rabu (29/3/2023).

Anggota Komisi III DPR, Benny K Harman mencecar Mahfud MD karena, menurutnya, kasus pencucian uang yang ramai tersebut menyangkut kepentingan rakyat sehingga diperlukan penjelasan secara rinci.

"Tidak ada masalah personal antara saya dengan Pak Mahfud. Saya menantang Pak Mahfud buka sejelas-jelasnya. Apa yang bapak sampaikan tidak menjadi pertanyaan atau spekulasi atau analisis di publik. Spekulasi itu sangat tidak baik," tegas Benny di depan Mahfud MD saat raker di Komisi III DPR.

Dia mengatakan jika Mahfud MD tidak mengungkap secara gamblang terkait temuan tindak pidana pencucian uang (TPPU) sebesar Rp349 triliun di Kementerian Keuangan, maka ia menduga ada motif politik yang tengah dijalani Mahfud.

"Saya termasuk yang punya prasangka jelek atas apa yang disampaikan oleh Pak Mahfud MD. Sehingga terbuka apabila Pak Mahfud tidak menjelaskan ini secara lengkap, saya menengarai Pak Mahfud punya motif politik. Jadi ini bukan judgment dan bersifat final," tuturnya.

Benny menjelaskan saat rapat Komisi XI bersama Menteri Keuangan, Sri Mulyani pada Senin (27/3/2023), pihak Kementerian Keuangan membantah adanya temuan yang disampaikan oleh PPATK dan Menkopolhukam.

"Maksud saya ketidakjelaskan buat kami punya spekulasi prasangka macam-macam ini, kami sesalkan, Pak Mahfud MD perlu jelaskan kenapa. Kalau ada masalah berkaitan dengan Menkeu jika ada kesalahan, Pak Mahfud yang juga sebagai Komite Koordinasi Nasional Pencegahan dan Pemberantasan TPPU dapat memanggil yang bersangkutan, ada temuan ini di lingkungan kemenkeu tolong pertanggung jawabkan dan selesaikan," tutupnya.

Baca Juga: Benny Harman Curiga Isu Rp349 T Dijadikan Mahfud MD Panggung Politik

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya