Comscore Tracker

Empat Siswa SMPN 1 Turi Tewas Saat Sedang Ikuti Kegiatan Pramuka

Mereka hanyut terbawa derasnya air Sungai Sempor

Sleman, IDN Times - Beberapa murid SMPN 1 Turi hanyut di Sungai Sempor, Dukuh, Donokerto, Turi pada Jumat sore (21/2). Mereka yang tergabung dalam kelompok kegiatan Pramuka hanyut ketika tengah melakukan penyusuran sungai. 

Menurut informasi dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) ada enam siswa yang hanyut. Namun yang ditemukan baru empat orang dalam kondisi tak bernyawa. Dua di antara siswa yang tewas diketahui berinisial NA dan A. 

"Mereka yang tergabung dalam kegiatan Pramuka merupakan (siswa) kelas 7 dan 8 dari SMP Negeri Turi 1. Sebanyak 257 orang mengikuti kegiatan penyusuran Sungai Sempor tanpa melihat kondisi cuaca," kata Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Bencana (BNPB), Agus Wibowo melalui keterangan tertulis pada hari ini. 

Lalu, bagaimana kisahnya hingga enam siswa itu bisa hanyut terbawa arus deras Sungai Sempor?

Baca Juga: Kegiatan Susur Sungai, Ratusan Murid SMPN 1 Turi Hanyut

1. Air Sungai Sempor terlihat dangkal ketika kegiatan susur pramuka dimulai

Empat Siswa SMPN 1 Turi Tewas Saat Sedang Ikuti Kegiatan PramukaKeadaan sungai Sempor, Turi, Sleman. IDN Times/Tunggul Damarjati

Kepala Dusun Dukuh, Tartono (54) mengatakan, kegiatan pramuka susur sungai dimulai sekitar pukul 14.00 WIB. Ketinggian air di Sungai Sempor saat itu, katanya, dalam keadaan dangkal. 

"Saat dimulai dangkal airnya. Tapi tiba-tiba ada masuk air, kemungkinan di bagian hulu sungai hujan lebat," ungkapnya. 

2. Warga sekitar langsung berkumpul di sekitar Sungai Sempor untuk melihat peristiwa itu

Empat Siswa SMPN 1 Turi Tewas Saat Sedang Ikuti Kegiatan PramukaWarga berada di Jembatan sungai Sempor, Turi, Sleman. IDN Times/Istimewa

Tartono mengatakan informasi mengenai siswa yang hanyut di sungai kemudian menyebar cepat ke telinga warga. Mereka kemudian mendatang sungai, lokasi tempat kejadian. Ia menyebut warga mengetahui informasi itu dari masjid sekitar. 

"Saat terjadi banjir dan hanyut sekitar jam 15.30 WIB. Warga langsung berkumpul, karena ada pengumuman di masjid tentang ada anak-anak yang hanyut," ujarnya. 

3. Kegiatan susur sungai diikuti oleh 200 siswa SMPN 1 Turi

Empat Siswa SMPN 1 Turi Tewas Saat Sedang Ikuti Kegiatan PramukaKeadaan sungai Sempor, Turi, Sleman. IDN Times/Tunggul Damarjati

Tartono mengatakan saat kejadian terdapat 200 anak yang berada di sungai saat banjir terjadi. 

"Ada 200 anak yang terseret banjir. Ada sekitar satu setengah jam saat anak mulai susur sungai hingga ada banjir."

Baca Juga: Sampah di Sleman Capai 700 Ton/per Hari, Pemkab Sleman Ingin Buat TPST

Topic:

  • Santi Dewi
  • Septi Riyani
  • Yogie Fadila

Berita Terkini Lainnya