Comscore Tracker

Korban Tewas Akibat Hanyut di Sungai Sempor Bertambah Jadi 6 Siswa 

Satu korban sempat dilarikan ke RS tapi tak tertolong

Sleman, IDN Times - Kepala Basarnas DIY Lalu Wahyu Efendi mengatakan jumlah korban tewas akibat hanyut di Sungai Sempor, Sleman bertambah dua orang. Sebelumnya jumlah korban tewas mencapai empat orang. 

"Iya benar ada tambahan korban yang meninggal," ungkap Wahyu saat dijumpai di lokasi pada Jumat (21/2) malam.

Satu korban tewas merupakan murid yang dilaporkan menderita luka-luka. "Satu orang yang sempat dilarikan ke Puri Husada karena menderita luka-luka, akhirnya meninggal dunia," tutur dia lagi. 

Lalu, apa dugaan penyebab enam siswa itu tewas?

1. Satu korban ditemukan tewas di dekat Sungai Sempor yang arusnya deras

Korban Tewas Akibat Hanyut di Sungai Sempor Bertambah Jadi 6 Siswa Korban yang berhasil dievakuasi saat hanyut pada kegiatan susur Sungai Sempor, Dukuh, Donokerto, Turi, Jumat (21/2) sore/IDN Times/Istimewa 

Satu korban lainnya, ujar Wahyu, baru ditemukan di sekitar jembatan. "Iya ditemukan di dekat lokasi susur sungai saat terjadi arus deras. Tepatnya di jembatan, korban tersangkut," ucap Lalu.

Baca Juga: Empat Siswa SMPN 1 Turi Tewas Saat Sedang Ikuti Kegiatan Pramuka

2. Basarnas menduga korban tewas karena tidak bisa berenang

Korban Tewas Akibat Hanyut di Sungai Sempor Bertambah Jadi 6 Siswa Kepala Basarnas DIY, Lalu Wahyu Efendi, mengabarkan jumlah murid SMP N 1 Turi yang meninggal di Sungai Sempor- IDN Times/Tunggul Damarjati

Basarnas kemudian memaparkan enam nama korban tewas yang jenazahnya berhasil ditemukan. Mereka baru mengetahui identitas lima dari enam korban, yakni Nur Azizah (kelas 8A), Sofia Latifa (Kelas 8B), Arisma Rahmawati (Kelas 7D), Latifa Zulfa (Kelas 8B), dan Khoirun Nissa (Kelas 7C). Sementara, satu korban lainnya belum diketahui identitasnya. 

Wahyu menduga mereka tewas karena tak bisa berenang. "Untuk kedalaman sungai saat terjadi banjir sekitar 1-2 meter. Korban meninggal kemungkinan terbawa arus karena tidak bisa berenang," kata dia. 

3. Basarnas masih mencari keberadaan lima siswa lainnya

Korban Tewas Akibat Hanyut di Sungai Sempor Bertambah Jadi 6 Siswa (Ilustrasi Sungai Sembor) Dokumentasi BNPB

Lebih lanjut Kepala Basarnas DIY, Lalu Wahyu Efendi mengatakan hingga saat ini mereka masih melakukan pencarian. Sebab, masih ada lima siswa lainnya yang keberadaannya belum diketahui. 

"Jumlah siswa yang belum diketahui keberadaannya berkurang, dari enam menjadi lima siswa. Karena satu sudah ditemukan dalam keadaan meninggal dunia," kata Wahyu. 

Baca Juga: Kegiatan Susur Sungai, Ratusan Murid SMPN 1 Turi Hanyut

Topic:

  • Santi Dewi
  • Septi Riyani
  • Yogie Fadila

Berita Terkini Lainnya