Pesawat Latih TNI AU Kecelakaan di Lanud Adisutjipto

Penyebab kecelakaan pesawat masih diselidiki

Sleman, IDN Times - Sebuah pesawat latih TNI AU jenis KT-1B Woong-Bee mengalami kecelakaan di ujung barat runway Lanud Adisutjipto, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Senin, (6/12/2020).

Dua pilot penumpang, yakni Mayor Pnb Sekti Ambarwati selaku instruktur dan Letda Adm Krisna Nugraha, sebagai siswa penerbang, dinyatakan selamat.

Baca Juga: Ini Kronologi Layang-layang Tersangkut Roda Pesawat di Adisutjipto

1. Pesawat alami rusak berat

Pesawat Latih TNI AU Kecelakaan di Lanud AdisutjiptoIlustrasi Infrastruktur (Pesawat) (IDN Times/Arief Rahmat)

Kepala Dinas Penerangan TNI Angkatan Udara (Kadispenau) Kolonel Pnb Indan Gilang, dalam keterangan resminya menuturkan, pesawat dengan nomor registrasi LL-0111 saat itu tengah digunakan untuk latihan rutin.

Kecelakaan terjadi ketika pesawat hendak mendarat di ujung barat landasan pacu atau runway 09 Lanud Adisutjipto, sekitar pukul 12.50 WIB.

"Meskipun pesawat mengalami total lost (rusat berat), kedua pilot Wingdik Terbang Lanud Adisutjipto Yogyakarta itu, dinyatakan selamat," tulisnya.

2. Dua pilot selamat

Pesawat Latih TNI AU Kecelakaan di Lanud AdisutjiptoIDN Times/Daruwaskita

Dikatakan Kadispenau, baik Mayor Pnb Sekti Ambarwati dan Letda Adm Krisna Nugraha berhasil keluar dari pesawat dengan selamat.

"Demikian juga tidak terjadi kerusakan dan kerugian material dan personel di darat, karena pesawat jatuh di area tanah kosong di dalam Lanud Adisutjipto," urainya.

3. Penyebab kecelakaan masih diselidiki

Pesawat Latih TNI AU Kecelakaan di Lanud AdisutjiptoIlustrasi pesawat (Pesawat) (IDN Times/Arief Rahmat)

Kedua pilot, sepenuturan Indan, saat ini tengah menjalani pemeriksaan kesehatan oleh tim dokter di RSPAU dr. S Hardjolukito, Banguntapan, Bantul.

"Penyebab kecelakaan masih dalam proses penyelidikan oleh tim investigasi TNI AU," tandasnya.

Baca Juga: Adisutjipto Dididik Jadi Dokter, Gugur di Udara dalam Tugas Mulia  

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya