Comscore Tracker

Bupati Sleman Tegur SMPN 1 Turi: Ini Kecerobohan yang Fatal

6 siswa SMPN 1 Turi tewas terbawa arus Sungai Sempor

Sleman, IDN Times - Bupati Sleman Sri Purnomo langsung menegur SMPN 1 Turi, yang membiarkan kegiatan ekstrakurikuler Pramuka dengan menyusuri Sungai Sempor. Gara-gara aktivitas itu sebanyak enam siswa hanyut tenggelam terbawa arus. 

"Ini harus dihentikan (kegiatan Pramuka) sementara, karena ini kecerobohan yang fatal," ujar Sri kepada media pada Jumat malam kemarin. 

Lalu, apa tindak lanjut yang dilakukan oleh pihak sekolah usai insiden ini?

1. Bupati Sleman memberi instruksi agar menghentikan aktivitas di dekat sungai

Bupati Sleman Tegur SMPN 1 Turi: Ini Kecerobohan yang FatalBupati Sleman, Sri Purnomo. IDN Times/Siti Umaiyah

Bupati Sri mengaku heran mengapa pihak sekolah membiarkan ada kegiatan di dekat sungai ketika musim hujan tiba. Sebab, itu sangat berbahaya. Pemerintah kabupaten meminta kepada semua sekolah untuk menghentikan aktivitas susur sungai. 

"Ini kecerobohan yang membawa kefatalan. Dihentikan sementara. Kemudian kami juga ingatkan mereka yang lakukan penambangan, juga ini jadi perhatian kita semua," ungkapnya pada Jumat (21/2) malam.

Baca Juga: 6 Siswa SMP 1 Turi Tewas, Sultan Larang Warga Aktivitas di Sungai

2. Pemkab Sleman segera melakukan evakuasi korban yang hanyut

Bupati Sleman Tegur SMPN 1 Turi: Ini Kecerobohan yang Fatal(Ilustrasi Sungai Sembor) Dokumentasi BNPB

Bupati Sri mengatakan pihaknya segera melakukan evakuasi secepat mungkin untuk meminimalisasi jumlah korban. Saat ini, Basarnas masih mencari 5 siswa yang hilang. Mereka juga akan melakukan pengecekan kembali ke rumah masing-masing untuk memastikan keberadaan lima anak itu memang tak ada di kediamannya. 

"Akan kita evaluasi secepat mungkin. Kami peringatkan kepada sekolah di Kabupaten Sleman jangan sampai mengadakan kegiatan seperti ini. Bila dilakukan saat musim hujan sangat berbahaya. Ini sebagai pelajaran yang sangat mahal bagi kita. Jangan sampai mengulangi kegiatan yang sebagaimana dilakukan di Turi," tutur dia. 

3. Bupati Sri menyarankan siswa melakukan aktivitas lain ketimbang menyusuri sungai

Bupati Sleman Tegur SMPN 1 Turi: Ini Kecerobohan yang FatalBupati Sleman, Sri Purnomo. IDN Times/Siti Umaiyah

Bupati Sri mengatakan kegiatan susur sungai yang dilakukan oleh SMP N 1 Turi merupakan ekstrakurikuler kepramukaan. Padahal, pramuka tidak melulu aktivitasnya harus berada di luar ruangan. 

Pada saat cuaca ekstrem seperti saat ini, bisa dilakukan kegiatan lain seperti tali temali, maupun mendirikan tenda.

"Ketika mereka mengadakan kegiatan di luar kelas, tetapi itu ada di perairan, itu sangat bahaya sekali. Sehingga ini kena banjir mendadak tidak bisa menghindar. Sebagian besar bisa menyelamatkan diri, tapi ada di antara sebagian banyak itu ada yang tidak mampu menyelamatkan diri. Terbukti ada yang meninggal dunia 6 siswa," tutur dia. 

Baca Juga: Kegiatan Susur Sungai, Ratusan Murid SMPN 1 Turi Hanyut

Topic:

  • Santi Dewi

Berita Terkini Lainnya