Comscore Tracker

Sah, Jokowi-Ma'ruf Kuasai DIY, Lampaui Perolehan di 2014

Jokowi-Ma'ruf mendulang 66,03 persen suara

Yogyakarta, IDN Times - Rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara pemilihan presiden dan wakil presiden 2019 di Daerah Istimewa Yogyakarta telah disahkan, Jumat (10/5) malam. Hasilnya, suara pasangan calon Joko Widodo-Ma'ruf Amin mendominasi. Bahkan melampaui perolehan pada pemilihan 2014 silam.

Sebelumnya, data perolehan suara masing-masing kandidat sudah sempat dipaparkan pada rapat pleno rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara Pemilu 2019 di Ruang Yudhistira, Jogja Expo Center (JEC) pada Jumat (10/5) sore. Kala disahkan, angkanya tidak berubah.

1. Jokowi ungguli perolehan suaranya di Pilpres 2014

Sah, Jokowi-Ma'ruf Kuasai DIY, Lampaui Perolehan di 2014IDN Times/Teatrika Handiko Putri

Pada Pilpres kali ini, capres Jokowi berpasangan dengan cawapres Ma'ruf Amin mendulang 1.655.174 suara atau setara 69,03 persen total suara. Sedangkan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, hanya meraih 742.481 suara atau 30,97 persen saja.

Wakil Sekretaris Tim Kampanye Daerah (TKD) Jokowi-Ma'ruf Provinsi DIY, Eko Suwanto, mengatakan, bahwa angka 69,03 persen tersebut telah melampaui perolehan suara Jokowi sendiri saat Pilpres 2014 kemarin di wilayah yang sama.

"Pada 2014, Pak Jokowi mendapat 55 persen. Jadi ini ada kenaikan yang cukup signifikan. Naik 14 persen. Ini adalah buah dari kerja keras Pak Jokowi dan Kyai Ma'ruf Amin. Juga seluruh pendukung dan pengusung yang ada di Yogyakarta. Terima kasih rakyat Jogja sudah mempercayakan kepada Pak Jokowi," ujar Eko saat dijumpai di JEC, Jumat (10/5).

Baca Juga: Nyaris Final, Jokowi-Ma'ruf Unggul Jauh dari Prabowo-Sandi di DIY

2. Meleset tipis dari target

Sah, Jokowi-Ma'ruf Kuasai DIY, Lampaui Perolehan di 2014IDN Times/Tunggul Kumoro

Target awal perolehan suara Jokowi-Ma'ruf sendiri, menurut Eko, untuk Pilpres 2019 di Provinsi DIY ini sendiri adalah 70 persen. Meski tak terpenuhi, pihaknya mengaku cukup puas dengan prestasi ini.

"Angka ini saya kira sudah bagus sekali. Kurang sedikit sekali dan sudah mendekati," ujar Eko.

3. Nihil selebrasi

Sah, Jokowi-Ma'ruf Kuasai DIY, Lampaui Perolehan di 2014IDN Times/Tunggul Kumoro

Dengan hasil yang cukup mentereng ini, Eko mengklaim jika pihaknya tak akan lekas bersantai-santai. Melainkan, tetap fokus mengawal proses rekapitulasi ini hingga tingkat nasional.

"Kami berharap seluruh pendukung Pak Jokowi-Ma'ruf untuk tetap konsentrasi mengawal sampai ke perhitungan di KPU RI. Tidak perlu ada pesta pora, kita fokus untuk bekerja," tambah Eko.

"Kemudian tidak perlu terprovokasi dengan berbagai gerakan-gerakan, termasuk people power dan lain-lainnya. Kita percayakan penuh kepada pemerintah, TNI, dan Polri untuk menjaga kesatuan Republik Indonesia. Kami percayakan juga kepada KPU dan Bawaslu untuk menjalankan tugasnya," cetus pria yang juga menjabat sebagai Wakil Ketua DPD PDIP DIY itu.

Baca Juga: Ketua KPU Tanggapi Permintaan Prabowo Soal Visum KPPS

Tunggul Kumoro Damarjati Photo Community Writer Tunggul Kumoro Damarjati

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Paulus Risang

Just For You