Comscore Tracker

5 Lokasi Alternatif Sirkuit Formula E, Alberto: Banyak Pilihan Bagus

Presiden Jokowi akan menentukan lokasinya

Jakarta, IDN Times - Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo membocorkan lima lokasi alternatif sirkuit untuk ajang Formula E yang digelar akan pada 4 Juni 2022. 

Lima lokasi ini, kata pria yang akrab disapa Bamsoet, akan disodorkan kepada Presiden Joko Widodo untuk dipilih salah satunya.

“PIK, Sudirman, JIS, Ji-Expo, Ancol, ini yang akan kami suggest ke Presiden untuk memilih,” kata Bamsoet, Rabu (25/11/2021).

1. GBK dan Monas jadi lokasi terlarang

5 Lokasi Alternatif Sirkuit Formula E, Alberto: Banyak Pilihan BagusStadion Utama Gelora Bung Karno (IDN Times/Herka Yanis)

Pria yang menjabat sebagai ketua MPR ini mengatakan pihak Formula E Operations akan membuat studi mengenai kelayakan (feasibility study) lima jalur yang dipilih tersebut.

Pihaknya, Bamsoet melanjutkan, berpesan kepada Co-founder Formula E, Alberto Longo, agar tidak menggunakan Monas dan juga Gelora Bung Karno sebagai lokasi balapan.

“Saya sudah pesan pada Alberto, sirkuit atau lintasan formula E tidak boleh pada dua tempat. Saya larang yang pertama adalah monas yang kedua adalah GBK, yang lain terserah,” kata Bamsoes.

Baca Juga: Lokasi Formula E Jakarta Akan Diputuskan Presiden Jokowi

2. Aspek teknis dipertimbangkan

5 Lokasi Alternatif Sirkuit Formula E, Alberto: Banyak Pilihan BagusDokumentasi - Anies Baswedan saat bernegosiasi mengenai Formula E di New York pada 2019. (facebook.com/Anies Baswedan)

Alberto, yang hadir dalam konferensi pers dengan IMI dan PT Jakarta Propertindo (Jakpro) pada Rabu (24/11/2021) malam itu menerangkan penetuan lokasi Formula E tidak mudah. 

Dalam memilih lokasi, ia sangat mempertimbangkan beragam aspek salah satunya adalah teknis. 

“Banyak pilihan bagus, ada lima lokasi berbeda di luar area terlarang (Monas dan GBK). Ada banyak hal teknis (yang dipertimbangkan),” kata Alberto.

3. Gubernur Anies tak hadir

5 Lokasi Alternatif Sirkuit Formula E, Alberto: Banyak Pilihan BagusDokumentasi - Anies Baswedan saat bernegosiasi mengenai Formula E di New York pada 2019. (facebook.com/Anies Baswedan)

Seiring dengan akan digelarnya Jakarta E-Prix 2022 di DKI Jakarta, Ikatan Motor Indonesia (IMI) Pusat menggelar pertemuan dengan media massa untuk membahas kesiapan DKI Jakarta dalam menggelar kegiatan tingkat internasional ini.

Turut hadir dalam sesi konferensi pers, Direktur Utama PT Jakarta Propertindo (Perseroda) Widi Amanasto, Sekretaris Jenderal IMI Ahmad Sahroni, serta mantan pembalap nasional Ananda Mikola.

Sedangkan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan berhalangan hadir karena pada waktu bersamaan diundang untuk mendapat penghargaan.

"Saya menyampaikan salam dari beliau, karena dia mendapat penghargaan dari Metro TV, selanjutnya beliau akan menyampaikan pidato khusus," kata Dirut Jakpro Widi menjawab pertanyaan wartawan terkait keberadaan Anies.

Baca Juga: Tim Formula E Tiba di Indonesia, Lokasi Balapan Mulai Ditinjau  

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya