600 Warga Mengungsi Akibat Kebakaran di Mampang

Kebakaran diduga akibat korsleting

Jakarta, IDN Times - Sebanyak 600 warga terpaksa mengungsi akibat kebakaran di Jalan Bangka Raya Gang Amal 1, RT 08 RW 05, Kelurahan Pela Mampang, Kecamatan Mampang Prapatan, Jakarta Selatan, Senin (26/12/2022) malam.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta, Isnawa Adji, menginformasikan objek yang terdampak kebakaran adalah rumah tinggal.

Baca Juga: Sudah 2 Jam, Begini Tegangnya Kondisi Kebakaran Besar di Mampang

1. Kebakaran terjadi pada pukul 20.16 WIB

600 Warga Mengungsi Akibat Kebakaran di MampangIlustrasi Kebakaran (IDN Times/Arief Rahmat)

Isnawa menerangkan, kebakaran semula terjadi dari satu rumah pada pukul 20.16 WIB. Namun, akhirnya merembet ke sejumlah rumah di sekitarnya.

Karena itu, dia mengaku, proses pemadaman api membutuhkan waktu yang cukup lama, sekitar tiga jam, mulai pukul 20.16 hingga 23.00 WIB.

2. Penyebab kebakaran diduga karena korsleting

600 Warga Mengungsi Akibat Kebakaran di MampangIlustrasi Kebakaran (IDN Times/Mardya Shakti)

Kronologinya, berawal saat api berasal dari salah satu rumah warga RT 08 RW 05, kemudian menyambar ke rumah lain karena tiupan angin kencang hingga merambat ke RT 07 RW 06.

"Penyebabnya adalah korsleting listrik di rumah warga saat awal mula muncul api," ucap Isnawa.

Baca Juga: Kebakaran Permukiman di Mampang Jaksel, Api Masih Berkobar

3. Sebanyak 600 orang mengungsi akibat kebakaran

600 Warga Mengungsi Akibat Kebakaran di MampangIlustrasi kebakaran. (dok. Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) DKI Jakarta)

Adapun 600 orang dari 200 kepala keluarga menjadi korban terdampak kebakaran tersebut. Namun belum ada laporan korban jiwa akibat kebakaran tersebut.

"Untuk korban jiwa, kami masih belum mendapatkan informasi terbaru. Saya harap tidak ada korban jiwa dalam peristiwa kebakaran tersebut," ujar Isnawa.

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya