Anies Ajak Anak Buahnya Cari Solusi Hadapi Perubahan Iklim 

Saat ini tantangan dunia telah bergeser 

Jakarta, IDN Times - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengajak anak buahnya, termasuk para kepala dinas di Pemprov DKI Jakarta untuk memikirkan solusi menghadapi perubahan iklim global.

Hal ini disampaikan Anies dalam acara Peningkatan Kapasitas dalam Rangka Pengendalian Dampak Bencana Iklim Kota-Kota di Indonesia, yang berlangsung di Ancol Jakarta Utara, Selasa (5/7/2022).

“Kami mengajak kepada semua para pemimpin kota, wali kota, pimpinan pemerintahan kota, untuk menyusun solusi menghadapi ketegangan, perubahan iklim global,” kata Anies, dalam sebuah tayangan virtual.

Baca Juga: Anies Baswedan Soroti Fenomena ABG Citayam Nongkrong di Jakarta

1. Dunia tengah menghadapi tantangan ke arah masa depan yang inklusif

Anies Ajak Anak Buahnya Cari Solusi Hadapi Perubahan Iklim Gubenur DKI Jakarta Anies Baswedan terima Kurma dari Jericho asal Palestina dari Pendeta Gilbert Lumoindong. (instagram.com/aniesbaswedan)

Dia mengatakan, saat ini dunia tengah menghadapi tantangan yang bergeser ke arah masa depan yang inklusif. 

Untuk itu, dia meminta kolaborasi untuk mengembangkan beragam kerja sama bisnis dan investasi, dalam menjaga inklusifitas keragaman dan pembangunan berkelanjutan yang akuntabel.

“Karena itu, kami semua di Jakarta berkomitmen untuk menjadikan Jakarta sebagai kota yang layak huni dan kota yang berkelanjutan,” terangnya.

2. Peserta diharapkan bisa punya pemahaman yang sama soal perubahan iklim

Anies Ajak Anak Buahnya Cari Solusi Hadapi Perubahan Iklim Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (Instagram/@aniesbaswedan)

Anies pun berharap agar semua peserta yang mengikuti kegiatan yang digagas oleh Dinas Lingkungan Hidup Provinsi DKI Jakarta ini, bisa mendapatkan pemahaman yang sama terkait perubahan iklim.

“Semoga semua peserta yang mengikuti kegiatan ini bisa mendapatkan pemahaman yang sama terkait perubahan iklim, bisa saling bertukar pengalaman, dan bisa menjadi bekal untuk mengimplementasikan hasilnya di daerah kita masing-masing,” tutur dia.

3. Berharap Jakarta jadi kota layak huni

Anies Ajak Anak Buahnya Cari Solusi Hadapi Perubahan Iklim Anies Baswedan lakukan rapat secara virtual saat isolasi mandiri di Rumah Dinas Suropati, Menteng pada Rabu, 2 Desember 2020 (Instagram.com/aniesbaswedan)

Mantan Mendikbud ini berharap, Jakarta bisa menjadi kota yang layak huni dan berkelanjutan. Dengan begitu, Jakarta bisa menjadi pusat ekonomi dan kota megapolitan, yang bisa ikut berkontribusi langsung pada pertumbuhan ekonomi nasional tanpa meninggalkan isu lingkungan.

“Harapannya, pusat ekonomi dan kota megapolitan ini akan bisa ikut berkontribusi langsung pada pertumbuhan nasional, pada kegiatan global, tanpa meninggalkan isu lingkungan,” ungkapnya.

Baca Juga: Jakarta Punya Sarana Internasional, Anies: Sebut Kota Global!

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya