Anies Ajak Bloomberg Kerja Sama Realisasikan Bus Listrik Transjakarta 

Ini merupakan rangkaian kegiatan Anies selama di Eropa

Jakarta, IDN Times - Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, menyaksikan perjanjian kerja sama dengan Bloomberg New Energy Finance (BNEF), di London, Inggris, terkait pengoperasian kendaraan umum bertenaga listrik oleh PT Transportasi Jakarta secara menyeluruh pada 2030.

Perjanjian ini dilakukan oleh Direktur Utama PT Transportasi Jakarta (Transjakarta), M Yana Aditya, ber Global Head of Client Relations at BNEF Benji Kafri, dengan disaksikan CEO Bloomberg Finance John Moore.

1. Anies melakukan pertemuan dengan Chief Editor of Bloomberg New Energy Finance (BNEF)

Anies Ajak Bloomberg Kerja Sama Realisasikan Bus Listrik Transjakarta Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan menyaksikan perjanjian kerja sama dengan Bloomberg New Energy Finance (BNEF), di London, Inggris.

Dalam kesempatan itu, Anies juga melakukan pertemuan bersama Chief Editor of BNEF. Dia mengatakan, Kota Jakarta memiliki target untuk mencapai nett zero emissions pada 2050. Oleh karenanya, perlu dibuat berbagai kebijakan, salah satunya dalam aspek mobilitas perkotaan yang berkelanjutan. 

“Ini satu diskusi yang menarik tentang sustainable mobility, pengembangan transportasi publik yang berkelanjutan. Kami bertukar pikiran terkait langkah-langkah mitigasi perubahan iklim. Tentu ini jadi kesempatan menjelaskan yang sedang dan akan dikerjakan di Jakarta," ujar Anies, dalam keterangan resmi, Selasa (17/5/2022).

Baca Juga: Anies Targetkan 100 Bus Listrik Transjakarta Beroperasi Sepanjang 2022

2. Anies klaim banyak lakukan program untuk mendorong elektrifikasi

Anies Ajak Bloomberg Kerja Sama Realisasikan Bus Listrik Transjakarta Bus Listrik Transjakarta (dok. Humas Pemprov DKI Jakarta)

Anies mengatakan, programnya dalam mengembangkan pedestrian, jalur sepeda, integrasi transportasi publik multi moda juga berkaitan dengan target elektrifikasi 50 persen armada Transjakarta.

“Pengembangan pedestrian, jalur sepeda, integrasi transportasi publik multimoda dan banyak lagi inisiatif lainnya. Kaitannya dengan Transjakarta adalah target elektrifikasi 50 persen armada Transjakarta pada tahun 2025 dan elektrifikasi seluruh armada Transjakarta pada tahun 2030 termasuk kebijakan terkait sustainable mobility tersebut,” ujarnya. 

3. Kerja sama jadi komitmen Pemprov DKI berpartisipasi untuk jalan bebas bahan bakar fosil

Anies Ajak Bloomberg Kerja Sama Realisasikan Bus Listrik Transjakarta Bus Listrik Transjakarta (dok. Humas Pemprov DKI Jakarta)

Sementara itu, Direktur Utama PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) M Yana Aditya mengatakan, kerja sama ini merupakan bentuk pelaksanaan komitmen Pemprov DKI untuk berpartisipasi pada pencapaian peta jalan bebas bahan bakar fosil yang diinisiasi C40 Cities. 

Menindaklanjuti itu, Transjakarta berkomitmen untuk melakukan transisi bus konvensional menjadi bus listrik dengan target sebanyak 50 persen bus pada tahun 2025 dan secara menyeluruh pada 2030. 

“Kerja sama Transjakarta dengan BNEF untuk mengelola data dan riset untuk mendukung adaptasi transisi energi dalam bentuk bus listrik ini,” kata dia.

Baca Juga: Transjakarta Buka Peluang Kerja Sama dengan Agen Bus Listrik

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya