Comscore Tracker

Anies Ajak Wali Kota Rotterdam Keliling Jakarta, Ini yang Dipamerkan!

Pamer soal fenomena Citayam Fashion Week

Jakarta, IDN Times - Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, mengajak Wali Kota Rotterdam, Ahmed Aboutaleb, menikmati Kota Jakarta melalui City Tour menggunakan transportasi publik, pada Senin (29/8/2022) dalam rangkaian kegiatan Urban-20 (U20) Mayor Summit.

Anies memulai City Tour dari titik pertama yaitu Hotel Fairmont, Jakarta Selatan. Kemudian, para peserta menaiki Transjakarta untuk melihat salah satu warna baru integrasi transportasi di Jakarta, yaitu Halte Integrasi Cakra Selaras Wahana (CSW).

Rombongan kemudian menaiki MRT Jakarta dari Stasiun MRT ASEAN, menuju ke Dukuh Atas, Jakarta Pusat.

Baca Juga: Wali Kota Rotterdam Sambangi Balai Kota, Anies: Kami Punya Kesamaan

1. Mengajak Wali Kota Rotterdam diskusi di Terowongan Kendal

Anies Ajak Wali Kota Rotterdam Keliling Jakarta, Ini yang Dipamerkan!Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan dan Wali kota Rotterdam, Ahmed Aboutaleb di Pendopo Balai Kota DKI Jakarta, Senin (29/8/2022). (dok. IDN Times/Uji Sukma Medianti)

Mantan Mendikbud ini mengajak Wali Kota Rotterdam berdiskusi dan menikmati suasana pedestrian di salah satu spot ikonik Jakarta, Terowongan Kendal.

"Kami menikmati suasana Terowongan Kendal sebagai bagian dari ruang ketiga, salah satu wajah baru di Jakarta," ujar dia, Senin (29/8/2022).

Anies kemudian menyinggung soal fenomena Citayam Fashion Week di kawasan Dukuh Atas.

Dia mengatakan ke rombongan delegasi soal perubahan secara langsung kawasan Dukuh Atas.

Baca Juga: 10 Fakta Kota Rotterdam, Kota Terbesar Kedua di Belanda

2. Anies singgung fenomena Citayam Fashion Week

Anies Ajak Wali Kota Rotterdam Keliling Jakarta, Ini yang Dipamerkan!Suasana kawasan Stasiun BNI City yang dijadikan sebagai tempat berkumpul anak muda di Jakarta (IDN Times/Fauzan)

Menurut Anies, fenonema ini terjadi karena diperkuat dengan meningkatnya kunjungan pejalan kaki ketika akhir pekan di Terowongan Kendal, di mana seluruh lapisan warga bisa berinteraksi dan berkarya karena menikmati perubahan kota tersebut.

"Dari sini kita melihat perubahan sebuah kawasan yang dulunya untuk kendaraan bermotor, menjadi kawasan pejalan kaki. Dan di sinilah menjadi tempat masyarakat merasakan ruang ketiga bisa berinteraksi. Semuanya kita tahu fenomena yang muncul di kawasan ini (Citayam Fashion Week) karena disiapkan ruang terbuka bersama," jelasnya.

Baca Juga: Asal-usul Citayam Fashion Week, Jadi Ajang Pamer Fashion di SCBD

3. Diakhiri dengan makan malam di kapal phinisi

Anies Ajak Wali Kota Rotterdam Keliling Jakarta, Ini yang Dipamerkan!Pemandangan Phinisi Hostel Bira, salah satu penginapan yang beroperasi di kawasan wisata Pantai Panrang Luhu di Kabupaten Bulukumba. (Dok. Phinisi Hostel Bira)

City Tour ini diakhiri dengan akan malam istimewa bersama para delegasi lainnya, dengan menikmati suasana senja di pesisir Jakarta sambil menaiki Kapal Phinisi.

"Kita akan mengajak mereka melihat sisi baru Jakarta yang lainnya. Dari sini kita akan menuju ke kawasan Pantai Jakarta, kemudian di sana bisa melihat sunset (matahari terbenam). Kita naik kapal Phinisi, dari sana melihat sunset di sore hari," tutur Anies.

Topic:

  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya