Anies Baswedan Lepas 11.680 Mudik Gratis di Terminal Pulogadung

Sebelumnya, Dishub DKI targetkan 19.680 pemudik

Jakarta, IDN Times - Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, melepas keberangkatan peserta mudik dan balik gratis angkutan Lebaran tahun 2022 di Terminal Terpadu Pulogebang, Jakarta Timur, Rabu (27/4/2022).

Anies mengatakan, selama dua tahun terakhir kegiatan mudik tidak dilaksanakan karena kondisi kasus COVID-19 yang masih mengkhawatirkan.

Setelah kondisi tersebut terkendali, akhirnya pada tahun 2022 dapat kembali diselenggarakan kegiatan mudik dan balik gratis.

"Kami telah menyiapkan sebanyak 22 truk pengangkut sepeda motor yang telah diberangkatkan pada 26 April 2022 dari Terminal Pulo Gadung. Pada pagi hari ini juga akan diberangkatkan 292  bus yang mengangkut 11.680 (target 19.680) pemudik ke 17 kota/kabupaten di 5 provinsi (Lampung, Sumatera Selatan, Daerah Istimewa Yogyakarta, Jawa Tengah, dan Jawa Timur)," ujar Anies.

1. Seluruh armada telah melakukan ramp check

Anies Baswedan Lepas 11.680 Mudik Gratis di Terminal PulogadungIDN Times/Dini Suciatiningrum

Selain itu, Gubernur Anies juga menjelaskan bahwa seluruh armada yang digunakan pada acara mudik gratis, telah dilakukan ramp check guna memastikan kondisi kendaraan laik jalan, begitu juga dengan pengemudinya telah dilakukan cek kesehatan.

"Selanjutnya pada setiap armada yang diberangkatkan terdapat petugas pendamping (LO). Mereka akan mendampingi sampai dengan tujuan akhir, maupun nanti saat mudik balik kembali ke Jakarta. Petugas LO tersebut merupakan perpanjangan tangan Pemprov DKI untuk memastikan perjalanan lancar dan selamat sampai tujuan," kata eks Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu.

Baca Juga: Laris Manis, Kuota Mudik Gratis Dishub DKI Jakarta Sudah Habis

2. Ada 4 terminal dan 3 terminal bantuan untuk angkutan lebaran 2022

Anies Baswedan Lepas 11.680 Mudik Gratis di Terminal PulogadungIDN Times/Dini Suciatiningrum

Adapun, dalam penyelenggaraan Angkutan Lebaran Tahun 2022, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta telah menyiapkan 4 (empat) Terminal Utama (Pulo Gebang, Kampung Rambutan, Kalideres, dan Tanjung Priok) serta 3 (tiga) Terminal Bantuan (Lebak Bulus, Grogol dan Muara Angke) serta pada seluruh terminal akan disiapkan Pos Kesehatan untuk memeriksa kesehatan awak bus, pos vaksinasi booster dan Rapid Test Antigen.

Berikut ini adalah 17 (tujuh belas) kota dan kabupaten tujuan mudik gratis dan mudik balik.

1. Bandar Lampung
2. Palembang
3. Malang
4. Kediri
5. Jombang
6. Kebumen
7. Yogyakarta
8. Madiun
9. Wonogiri   
10. Wonosobo
11. Sragen
12. Cilacap
13. Solo
14. Purwokerto
15. Semarang
16. Pekalongan
17. Tegal

3. Solo, Yogyakarta, Wonogiri paling laris manis

Anies Baswedan Lepas 11.680 Mudik Gratis di Terminal Pulogadungsurakarta.go.id

Kota/kabupaten tujuan yang memiliki pemudik terbanyak adalah Solo, Yogyakarta dan Wonogiri. Sedangkan untuk keberangkatan truk pengangkut sepeda motor ada 7 tujuan, yaitu:
1.    Semarang;
2.    Kebumen;
3.    Solo;
4.    Yogyakarta;
5.    Wonogiri;
6.    Jombang, dan
7.    Malang.

Dan mudik balik menggunakan truk untuk mengangkut sepeda motor, berangkat dari:
1.    Semarang;
2.    Solo;
3.    Yogyakarta;
4.    Wonogiri; dan
5.    Malang.

Kegiatan Mudik Gratis Angkutan Lebaran Tahun 2022 Provinsi DKI Jakarta dijadwalkan akan dilaksanakan pada tanggal 26 dan 27 April 2022. Sedangkan, pelaksanaan Balik Gratis Angkutan Lebaran Tahun 2022 Provinsi DKI Jakarta akan dilaksanakan pada tanggal 7 dan 8 Mei 2022 dengan keberangkatan truk pengangkut sepeda motor dilaksanakan satu hari sebelum keberangkatan bus penumpang.

Baca Juga: 10 Bus Mudik Gratis Siap Meluncur Jakarta-Jatim

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya