Anies Baswedan: Tenaga Medis hingga Petugas Pemakaman Pahlawan Kita

Mereka bekerja di atas kepentingan diri sendiri.

Jakarta, IDN Times - Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan memaknai Hari Pahlawan yang diperingati pada 10 November dalam suasana yang berbeda. Dia menyebut, saat ini pahlawan yang nyata adalah para tenaga medis hingga petugas pemakaman yang menolong masyarakat selama pandemik COVID-19.

“Kita menyaksikan begitu banyak pahlawan-pahlawan pribadi yang memilih untuk menyelamatkan sesama dari mulai penanganan medis sampai yang mengurus pemakaman,” ujar Anies, di Gedung Balai Kota DKI Jakarta, Rabu (10/11/2021).

Baca Juga: Jokowi Pimpin Upacara Hari Pahlawan di TMP Kalibata, Begini Suasananya

1. Pahlawan tak terlihat

Anies Baswedan: Tenaga Medis hingga Petugas Pemakaman Pahlawan Kita

Anies mengatakan para tenaga medis menjalankan tugas mereka menggunakan Alat Pelindung Diri (APD) lengkap. Mereka, kerap tak menunjukkan wajahnya selama bekerja karena tertutup masker. Hal itu berlangsung selama hampir dua tahun terakhir.

“Kita menyaksikan keluarga kita diantar ke rumah sakit kemudian diantar ke rumah selama prosesnya belum tentu mereka saling lihat wajah tertutup masker tertutup APD mereka lah pahlawan-pahlawan kita,” ungkapnya.

Baca Juga: Hari Pahlawan, Google Doodle Tampilkan Ismail Marzuki 

2. Bekerja di atas kepentingan orang banyak

Anies Baswedan: Tenaga Medis hingga Petugas Pemakaman Pahlawan Kitailustrasi nakes PPU yang kelelahan setelah memberikan pelayanan pasien kepada positif COVID-19 (IDN Times/Ervan)

Bagi Mantan Rektor Universitas Paramadina itu, makna pahlawan yang sesungguhnya adalah mereka yang mementingkan kepentingan banyak orang di atas kepentingan dirinya. Di samping itu, para tenaga kesehatan yang mengawal jalannya vaksinasi juga tak kalah pentingnya. 

“Pahlawan-pahlawan kita hari ini adalah orang-orang yang memilih untuk mementingkan kepentingan orang banyak di atas kepentingan dirinya,” terang Anies.

3. Peran tenaga vaksinator juga tak kalah penting

Anies Baswedan: Tenaga Medis hingga Petugas Pemakaman Pahlawan KitaTenaga vaksinator COVID-19. (Dok. Kemenkes)

Masyarakat dapat dengan mudah dan nyaman mendapat suntikkan vaksin, hal itu juga tidak lepas dari peran para petugas yang sudah bekerja dengan baik.

“Kita mungkin merasakan kenyamanan mau daftar vaksin begitu mudah, dengan mengisi aplikasi, di balik itu ada orang orang yang bekerja tak pernah terlihat tapi manfaatnya dirasakan oleh orang banyak. Itu kayak pahlawan kita,” tutur dia.

Baca Juga: Hari Pahlawan, Jokowi Tabur Bunga di Makam Habibie Hingga Ibu Ani

Topik:

  • Hana Adi Perdana

Berita Terkini Lainnya