Anies Pamit ke Masyarakat Hindu Bali di Jakarta, Ini Pesannya!

Sekaligus meresmikan prosesi untuk Ngaben

Jakarta, IDN Times - Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, masih menggelar acara farewell atau perpisahan sebelum lengser dari jabatannya pada Minggu (16/10/2022).

Anies mengatakan, di ujung masa tugasnya, ia ingin pamitan sebagai Gubernur sekaligus menyampaikan bahwa tetap akan menjalin silaturahmi.

“Saya sampaikan tadi, di ujung masa tugas, saya ingin menyampaikan permohonan pamit, pamit dalam kapasitas sebagai Gubernur DKI Jakarta, sekaligus juga tadi saya sampaikan silaturahmi kita tidak putus,” kata Anies, kepada wartawan di Parisada Hindu Dharma Indonesia, Senin (10/10/2022).

1. Adil pada umat beragama

Anies Pamit ke Masyarakat Hindu Bali di Jakarta, Ini Pesannya!ilustrasi ngaben di Bali (gurupendidikan.co.id)

Anies juga menyampaikan bahwa kehadirannya di Pura umat Hindu Bali di Jakarta ini memberi pesan, kalau siapapun berkewajiban untuk memberi rasa keadilan pada seluruh umat manusia.

“Kita berkewajiban untuk memberikan rasa keadilan pada semua,” kata Anies.

Baca Juga: Relawan Minta Jokowi Copot 3 Menteri dari NasDem karena Dukung Anies

2. Pada 2017 lalu, umat Hindu Bali di Jakarta tak punya tempat kremasi

Anies Pamit ke Masyarakat Hindu Bali di Jakarta, Ini Pesannya!Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan sambangi Pura Aditya Jaya, Rawamangun, Jakarta Timur saat upacara Tawur Agung Kesanga, Rabu (2/3/2022). (dok. Humas Pemprov DKI Jakarta)

Mantan Mendikbud ini menuturkan, pada 2017 lalu, dirinya mendapat laporan kalau umat Hindu di Jakarta belum memiliki mesin kremasi sendiri. Sehingga, mereka harus terbebani biaya saat ingin melakukan kremasi.

Kemudian, ia membangun tempat kremasi untuk ngaben para umat Hindu di Jakarta. 

“Pertama kali saya mendengar ini bulan November 2017. Ketika mendengar bahwa umat Hindu di Jakarta belum memiliki mesin kremasi sendiri sehingga secara pembiayaan menjadi beban. Dan itulah kemudian kita coba carikan dan bersyukur itu tuntas,” terang dia.

3. Meresmikan tempat kremasi untuk prosesi ngaben

Anies Pamit ke Masyarakat Hindu Bali di Jakarta, Ini Pesannya!Ilustrasi Ngaben (IDN Times/Imam Rosidin)

Anies mengaku bersyukur di ujung masa jabatannya, tempat kremasi itu akhirnya tuntas diselesaikan. Sehingga, umat Hindu Bali di Jakarta tak perlu kesulitan menggelar prosesi Ngaben. Dia pun berpesan agar fasilitas tersebut bisa digunakan sebaik-baiknya.

“Itulah kemudian kita coba carikan dan bersyukur itu tuntas. Kami berharap perasaan itu bisa kita jaga ke depan. Kenapa? Pasti kebutuhan itu selalu bertambah dan tugas negara memastikan itu hadir,” tutur dia.

Baca Juga: Meski Belum Rampung, Anies Resmikan Pengolahan Sampah RDF Terbesar RI 

Topik:

  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya