Comscore Tracker

Anies Panggil 29 Kontraktor Sumur Resapan, Ini Daftarnya

Sumur resapan menuai kritikan dianggap tak efektif

Jakarta, IDN Times - Kepala Dinas Sumber Daya Air Provinsi DKI Jakarta, Yusmada Faizal, telah memanggil rekanan proyek atau kontraktor dari pekerjaan sumur resapan atau drainase vertikal.

Hal itu dilakukan sesuai arahan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, pada Minggu, 5 Desember 2021. Arahan ini menyusul adanya kritikan soal pengerjaan sumur resapan di Jakarta yang justru dianggap merusak jalan dan tidak efektif.

“Kita sudah memberikan teguran kepada mereka untuk dalam waktu secepatnya melakukan perbaikan, dan menyempurnakan secara benar agar drainase vertikal ini berfungsi baik sesuai dengan yang kita harapkan,” kata Yusmada, dalam keterangan tertulis, Senin (6/12/2021).

Baca Juga: Murka Anies Akibat Sumur Resapan Dikritik, Kontraktor Dievaluasi

1. Sumur resapan kurang sempurna

Anies Panggil 29 Kontraktor Sumur Resapan, Ini DaftarnyaSumur resapan air SMP 207 Jakarta (IDN Times/Gregorius Aryodamar P)

Terkait penutup sumur resapan di Lebak Bulus III disebut kurang sempurna dan membuat pengguna jalan terganggu, Yusmada mengatakan, pihaknya telah memerintahkan kontraktor terkait untuk segera memperbaikinya.

"Kita sudah memberikan teguran kepada mereka untuk dalam waktu secepatnya melakukan perbaikan dan menyempurnakan secara benar, agar drainase vertikal ini berfungsi baik sesuai dengan yang kita harapkan," kata dia.

2. Daftar 29 vendor rekanan Pemprov DKI Jakarta yang membangun sumur resapan

Anies Panggil 29 Kontraktor Sumur Resapan, Ini DaftarnyaSumur resapan air SMP 207 Jakarta (IDN Times/Gregorius Aryodamar P)

Berikut daftar 29 vendor yang menjadi rekanan Pemprov DKI Jakarta untuk membangun sumur resapan:

1. PT. Elbara Perkasa

2. PT. Karya Kamefada Wijaya Indonesia

3. PT. Djasipa Mitra Perkasa

4. PT. Arvirotech Konstruksi Indonesia 

5. CV. Mitra Teknikindo

6. PT. SCG Pipe and Precast dan PT. Varas Ratubadis Prambanan (KSO)

7. PT. Jaya Beton Indonesia 

8. PT. Varas Ratubadis Prambanan

9. PT. Arimbi Putri Jaya

10. PT. Bachtiar Marpa Prima

11. PT. Tangan Pembangun Nusantara

12. PT. Sultan Perdana Raditya

13. PT. Mulia Graha Parulian

14. PT. Multi Gapura Pembangunan Semesta

15. PT. Dovlen Seventy

16. PT. Abadi Karya Napitu

17. PT. Nikita Sari Jaya

18. PT. Djasipa Mitra Perkasa

19. PT. Tri Putra Karya

20. PT. Adhimix PCI Indonesia

21. PT. Wijaya Karya Beton

22. PT. Inovasi Pro Filter Indonesia

23. CV. Sroja Inti Persada

24. PT. Mandiri Alam Barokah

25. PT. Duta Kreasi Indah

26. PT. Iccaputri Sildos

27. PT. Duta Sarana Perkasa

28. PT. Sinar Timur Dayacipta

29. PT. Hakaaston.

3. Jadi atensi Gubernur Anies Baswedan

Anies Panggil 29 Kontraktor Sumur Resapan, Ini DaftarnyaGubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (Dok.Humas Pemprov DKI Jakarta)

Sebelumnya, Gubernur Provinsi DKI Jakarta Anies Baswedan menginstruksikan kepada seluruh jajaran dan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait, untuk mengawasi para kontraktor yang mengerjakan sumur resapan di setiap titik.

Hal itu untuk memastikan para kontraktor pembangunan sumur resapan agar bekerja sesuai standar, sehingga dapat berfungsi optimal dan tidak membahayakan pengguna jalan.

"Kami instruksikan kepada OPD terkait, seperti Dinas Sumber Daya Air (SDA) untuk secepatnya mengevaluasi pekerjaan para kontraktor dalam membangun drainase vertikal. Kontraktor yang mengerjakan drainase vertikal perlu diinfokan secara transparan, agar publik mengetahuinya dan ikut mengawasi pembangunan drainase vertikal yang sedang berjalan, maupun yang sudah beroperasi," kata Anies dalam siaran pers, Minggu (5/12/2021).

Anies juga mengatakan, sumur resapan dibuat agar berfungsi optimal untuk mengatasi banjir atau genangan. Namun, tidak boleh membahayakan kepentingan umum seperti pengguna jalan.

Baca Juga: Ketua DPRD DKI Kritik Sumur Resapan: Jalan Rusak dan Tak Efektif

Topic:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya