Anies: Pemilu 2024 Harus Penuhi 3 Hal Ini Jika Ingin Lancar

Anies menjadi pembicara di IMGS 2022 by IDN Media

Jakarta, IDN Times - Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, menyebut tiga syarat agar Pemilu 2024 berjalan lancar. Hal tersebut mengacu pada proses dan tujuan demokrasi pada masa depan.

Pertama, Anies mengatakan agar Komisi Pemilihan Umum (KPU) sebagai wasit harus mempunyai rule of the game yang taat dan bertanggung jawab.

"Pertama, rule of the game-nya harus dijaga. KPU punya tanggung jawab bagaimana rule of the game tidak diubah-ubah dan semua orang menaati," kata Anies dalam Indonesia Millenial and Gen-Z Summit (IMGS) 2022 by IDN Media di panggung Visionary Leaders by IDN Times di The Tribrata Ballroom, Jakarta Selatan, Jumat (30/9/2022).

Kedua, kata Anies, semua pihak yang diharuskan netral semestinya taat. Ia pun menganalogikannya dengan pertandingan sepak bola.

"Olahraga saja semuanya adil. Yang tidak kalah penting, lawan harus diberikan pada semua tereliminasi untuk pertandingan sepak bola. Jadi semua harus mendapat kesempatan yang sama," kata dia.

Di samping itu, ancaman-ancaman  demokrasi juga disebutkannya harus dihilangkan. Menurut Anies, peretasan akun digital pun menjadi sebuah ancaman demokrasi.

Terakhir, bagaimana seluruh hasil Pemilu 2024 diterima dengan legowo dan keterbukaan.

Dia mengatakan, syarat demokrasi terkonsolidasi adalah pihak yang tidak menang mau menerima dan mau menjalankan.

"Di Indonesia contohnya sudah banyak, kita moving the right direction. Mudah-mudahan deliver-nya sesuai harapan," tutur dia.

Adapun IMGS 2022 menghadirkan 115 pembicara kompeten di berbagai bidang, dari politik, ekonomi, bisnis, olahraga, budaya, lintas agama, sosial, lingkungan sampai kepemimpinan millennial. Ajang milenial dan Gen-Z terbesar di Tanah Air ini dihadiri lebih dari 4.000 future leader Indonesia.

Dalam IMGS 2022, IDN Times juga meluncurkan Indonesia Gen Z and Millennial Report 2022. Survei ini dikerjakan IDN Research Institute bekerja sama dengan Populix.

Survei ini digelar pada periode 27 Januari - 7 Maret 2022, dengan margin of error kurang dari 5 persen. Melalui survei yang melibatkan 1.000 responden di 12 kota dan daerah aglomerasi ini, IDN Times ingin menyajikan potret yang jelas dan lengkap mengenai Gen Z Indonesia sehingga bisa memahami dan membentuk mereka lebih baik sebagai calon pemimpin bangsa.

Simak hasilnya di IMGS 2022, dan ikuti perkembangannya di situs kami, IDN Times.

Baca Juga: Anies: Masa Depan Demokrasi Indonesia Ditentukan 2 Hal Ini

Topik:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya