Comscore Tracker

Anies Singgung Ibu Kota Baru Lewat Event Formula E

Formula E diharapkan dapat menjadi pusat ekonomi Jakarta

Jakarta, IDN Times - Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan menyinggung ibu kota baru saat menggelar konferensi pers Formula E, Senin (29/11/2021). Anies mengatakan, berpindahnya ibu kota ke Kabupaten Penajam Paser Utara Kalimantan Timur, diharapkan tetap membuat DKI Jakarta tetap menjadi pusat pusat kegiatan perekonomian, budaya dan seni.

“Kita tahu ibu kota akan berpindah, dan kita harap Jakarta terus tetap menjadi pusat kegiatan perekonomian, budaya dan seni,” terang Anies, Senin (29/11/2021).

Dia menuturkan, apabila Formula E terselenggara dengan baik, maka event ini dapat menjadi pusat perekonomian bagi Jakarta. “Event Formula E diharapkan dapat membuat Jakarta menjadi pusat perekonomian dan ini mengantisipasi sesudah ibu kota akan berpindah dari Jakarta,” tutur dia.

Baca Juga: Alasan Anies Tunjuk Ahmad Sahroni Jadi Ketua Pelaksana Formula E

1. Formula E akan disaksikan 170 negara

Anies Singgung Ibu Kota Baru Lewat Event Formula EAnggota Komisi III DPR RI, Ahmad Sahroni (Instagram.com/ahmadsaroni88)

Sebelumnya, Ketua Pelaksana Formula E, Ahmad Sahroni, menuturkan ajang balap mobil listrik Formula E akan ditonton oleh 170 negara. Untuk itu, konsep yang diusung bukan event biasa melainkan bertaraf internasional.

Dia berharap ajang ini dapat memberikan efek ekonomi yang menjadi program pemerintah. “Konsep yang dilakukan bukan event biasa, tapi internasional akan ditonton lebih 170 negara dan mudah-mudahan ini punya efek ekonomi yang diprogramkan pemerintah yakni pemulihan ekonomi tahun depan,” terang Sahroni.

Sahroni juga berharap event ini bisa terselenggara dengan baik, sehingga Indonesia bisa sukses menghelat MotoGP dan juga Formula 1.

“Mudah-mudahan Mandalika bisa digunakan buat F1. Ini upaya. Kalau bisa ini luar biasa. Membuat efek ekonomi dalam pemulihan ekonomi,” ujar dia.

Baca Juga: Siapa Penentu Sirkuit Formula E? Ini Kata Bamsoet soal Peran Jokowi

2. Formula E habiskan Rp357 M sekali balapan

Anies Singgung Ibu Kota Baru Lewat Event Formula EIkatan Motor Indonesia (IMI) dan PT Jakarta Propertindo (Perseroda) menggelar konferensi pers terkait ajang Formula E pada Rabu (24/11/2021). (dok. IDN Times/Istimewa)

Adapun, Co-Founder Formula E, Alberto Longo, mengungkapkan biaya yang dikeluarkan untuk sekali balapan Formula E sebesar 25 juta dolar AS atau setara dengan Rp357 miliar (Kurs Rp14.272) di luar investasi infrastruktur seperti jalanan dan dinding pelindung jalur balapan.

“Jadi untuk satu kali balapan biayanya sekitar 25 juta dolar dan ini tidak termasuk investasi seperti jalanan, materi untuk jalur dan juga track-nya,” kata Alberto, Rabu (24/11/21).

3. Formula E program prioritas Anies

Anies Singgung Ibu Kota Baru Lewat Event Formula EGubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memegang mobil balap Formula E. (instagram.com/aniesbaswedan)

Ajang balap mobil listrik Formula E di Jakarta merupakan salah satu program prioritas yang akan dilaksanakan pada 4 Juni 2022, sebelum ia lengser dari jabatannya pada Oktober 2022.

Pelaksanaan Formula E yang sempat tertunda akibat pandemik COVID-19 ini terus diusahakan oleh Anies, walaupun tidak sedikit pihak yang tidak setuju pelaksanaan Formula E di Indonesia karena banyak hal, terutama efek dari pandemik. 

Baca Juga: Anies Surati Menaker soal Kenaikan UMP 2022: Angkanya Terlalu Kecil

Topic:

  • Hana Adi Perdana

Berita Terkini Lainnya