Audit Formula E Tak Kunjung Terlaksana, Jakpro Baru Tunjuk Pekan Ini 

Padahal Plt BUMD sebut audit dilaksanakan pascaevent

Jakarta, IDN Times - PT Jakarta Propertindo (Jakpro) baru menunjuk auditor untuk mengaudit kegiatan Formula E yang telah terselenggara pada 4 Juni 2022 lalu.

Direktur Utama Jakpro, Widi Amanasto, mengatakan pihaknya baru menunjuk auditor melalui proses tender pekan ini. “(Auditor) Sudah ada yang ditunjuk melalui proses tender,” kata Widi, kepada wartawan, Rabu (7/9/2022).

Baca Juga: Soal Audit Formula E, Anies: Setelah Tuntas Pasti Dilaporkan ke Publik

1. Penunjukkan auditor baru pekan ini lewat proses tender

Audit Formula E Tak Kunjung Terlaksana, Jakpro Baru Tunjuk Pekan Ini Presiden Joko Widodo di Sirkuit Formula E, Ancol, Jakarta Utara, Sabtu (4/6/2022). (dok. Biro Pers Setpres/Laily Rachev)

Sebelumnya, Plt Kepala BP BUMD Pemprov DKI Jakarta, Budi Purnama pernah mengatakan kalau audit khusus Formula E sedang dilakukan oleh pihak eksternal.

“Untuk Formula E ada audit khusus. Sedang berlangsung. (dilakukan) Auditor eksternal,” kata Budi, kepada wartawan, Jumat (17/6/2022).

Baca Juga: Hasil Audit Formula E Dirilis Pertengahan Juli 

2. Plt BP BUMD sebut audit sedang berlangsung

Audit Formula E Tak Kunjung Terlaksana, Jakpro Baru Tunjuk Pekan Ini Presiden Joko Widodo di Sirkuit Formula E, Ancol, Jakarta Utara, Sabtu (4/6/2022). (dok. Biro Pers Setpres)

Dia mengatakan, Formula E baru selesai digelar pada 4 Juni 2022 lalu. Perlu waktu setidaknya satu setengah bulan untuk melakukan audit. Rencananya, jika sesuai jadwal audit akan rampung pertengahan Juli.

“Kan baru selesai tanggal 4, audit paling cepat 1,5 bulan. Mudah-mudahan pertengahan Juli sudah keluar,” katanya.

Namun, setelah dua bulan lebih berlalu, ternyata Jakpro baru menunjuk auditor dari pihak eksternal pekan ini.

Baca Juga: 5 Fakta Baru Formula E Hasil Audit BPK RI

3. Anggota DPRD DKI Fraksi PDIP sebut tak ada auditor yang mau audit

Audit Formula E Tak Kunjung Terlaksana, Jakpro Baru Tunjuk Pekan Ini Anggota Fraksi PDI-P DPRD DKI Jakarta, Gilbert Simanjuntak (IDN Times/Aryodamar)

Baca Juga: Gubernur DKI Anies Baswedan Akan Diperiksa KPK soal Formula E Hari Ini

Audit Formula E ini juga disinggung oleh Anggota DPRD DKI dari Fraksi PDIP, Gilbert Simanjuntak. Gilbert mengatakan, dalam rapat evaluasi P2APBD minggu lalu, terungkap bahwa tak ada kantor akuntan yang bersedia mengaudit event ini.

“Dalam rapat evaluasi P2APBD jelas terungkap bahwa audit tidak kunjung dilaksanakan dengan alasan tidak ada kantor akuntan yang baik yang bersedia mengaudit,” tutur Gilbert.

Topik:

  • Sunariyah
  • Rendra Saputra

Berita Terkini Lainnya