Bukan Gubernur, Ini Jabatan yang Diincar Riza Patria Usai Lengser

Riza ungkap akan maju di kursi legislatif

Jakarta, IDN Times - Politikus Partai Gerindra, Ahmad Riza Patria, punya modal elektoral jika ingin maju dalam kontestasi Pilgub DKI pada November 2024 mendatang. Sebab, ia merupakan kader Partai Gerindra, yang notabene punya perolehan suara nomor 2 tertinggi di DKI Jakarta.

Di samping itu, ia juga menempati posisi sebagai Wakil Gubernur DKI Jakarta sejak 15 April 2020 hingga 16 Oktober 2022 mendatang. Namun, Riza mengaku belum tertarik maju untuk memperebutkan kursi Gubernur DKI Jakarta menggantikan Anies Baswedan.

Baca Juga: Riza Patria Datang ke Rapimda Golkar, Buka Kans Duet di Pilgub DKI

1. Mengamankan suara legislatif

Bukan Gubernur, Ini Jabatan yang Diincar Riza Patria Usai LengserRiza Patria (IDN Times/Aditya Mustaqim)

Riza mengaku punya kursi lain yang harus ‘diamankan’ terlebih dulu. Jabatan itu adalah Anggota DPR RI yang pernah ia emban pada 2014-2019 dan 2019-2020 lalu.

“Saya kemungkinan besar ditugaskan dalam pileg ini sebagai caleg DPR RI di Dapil DKI Jakarta, sebelumnya dua periode saya sebagai Caleg di Dapil Jabar III Kabupaten Cianjur/Kota Bogor. Kemungkinan besar di Pileg ini saya sebagai caleg di DKI Jakarta Dapil Jakarta,” terang Riza, kepada IDN Times, Selasa (11/10/2022).

Baca Juga: Wagub DKI Riza Patria Ajak Masyarakat Naik Transportasi Umum

2. Rencana untuk maju Pilgub 2024

Bukan Gubernur, Ini Jabatan yang Diincar Riza Patria Usai LengserRiza Patria (IDN Times/Aditya Mustaqim)

Lantas bagaimana jika Riza diusung oleh partainya untuk maju sebagai Gubernur? Ia belum dapat memberi jawaban. Menurutnya, hal itu masih jauh untuk dipikirkan.

“Itu masih jauh, masih di 2024, kita gak pernah berpikir ke situ, kita berpikir apa yang diamanahkan ke kita sekarang. Tugasnya selesaikan sampai 16 Oktober. Mudah-mudahan selesai tanpa masalah yang berarti,” ujar dia.

3. Fokus di Partai Gerindra

Bukan Gubernur, Ini Jabatan yang Diincar Riza Patria Usai LengserWakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria di acara peresmian musala dan kantor RW 04 Kelurahan Sunter Agung, Kecamatan Tanjung Priok, Jakarta Utara, Sabtu (17/9/2022). (Dok. Humas Pemkot Jakarta Utara)

Di sisi lain, Riza mengungkapkan, tugas yang menanti dirinya setelah selesai menjadi wagub. Tugas itu adalah menjalankan misi seorang Ketua DPD Partai Gerindra DKI Jakarta. 

“Sebagai ketua partai, tugas saya melaksanakan misi yang tadi saya sampaikan, memenangkan Pak Prabowo sebagai Presiden. Kemudian peroleh kursi dan suara partai,” ungkapnya. 

Topik:

  • Rendra Saputra

Berita Terkini Lainnya