Formula E Bakal Digelar di Ancol

Ancol dipilih karena dinamis dan ikonik

Jakarta, IDN Times - Ajang Formula E 2022 Jakarta bakal digelar di Ancol, Jakarta Utara. Hal ini disampaikan oleh Ketua Pelaksana Jakarta E-Prix, Ahmad Sahroni, Rabu (22/12/2021). Sahroni mengatakan, diputuskannya Ancol sebagai lokasi atas dasar approval pihak Formula E Operation (FEO) dan FIA.

“Baru tadi pagi, dari dua lembaga tersebut (FEO dan FIA), approval sirkuit di Ancol,” kata Sahroni, Rabu (22/12/2021).

1. Ancol dipilih karena ikonik dan dinamis

Formula E Bakal Digelar di AncolPetugas keamanan berpatroli di kawasan Pantai Timur Ancol di Jakarta, Senin (25/5/2020). Memasuki hari kedua Idul Fitri 1441 H, suasana Pantai Ancol sepi dari pengunjung akibat masih ditutup selama pemberlakuan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja

Sahroni menuturkan, ada dua alasan mengapa Ancol dipilih sebagai lokasi, pertama Ancol merupakan tempat yang dinamis dan ikonik Jakarta. Kedua, jika Ancol menjadi sirkuit balap maka tidak mengganggu pengguna jalan lain. 

“Ancol tempat dinamis dan ikonik Jakarta dan tak mengganggu sarana masyarakat yang lain. Dan tertutup pada 4 Juni 2022,” tutur dia.

Baca Juga: Daniel Ricciardo Beri Nilai 5,5 untuk Penampilannya di Formula 1 2021

2. Sirkuit di Ancol tak perlu dibangun dari nol

Formula E Bakal Digelar di Ancolririssafitri26

Selain itu, dari segi kebermanfaatan, Ancol tak perlu dibangun dari nol seperti sirkuit di Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB). Di samping itu, areal jalan raya di Ancol juga sesuai dengan desain yang diinginkan oleh FIA dan FEO.

“Formula E sendiri, areal jalan raya yang bisa di-approve dengan kondisi desain mereka (FIA dan FEO) adalah Ancol,” kata Sahroni.

3. Ada lima opsi lokasi sirkuit

Formula E Bakal Digelar di AncolFoto udara kendaraan melintas di kawasan Jalan Jendral Sudirman, Jakarta, Sabtu (28/3/2020) (ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto)

Sebelumnya, ada lima lokasi yang hendak ditetapkan sebagai sirkuit Formula E. Di antaranya Jalan Jenderal Sudirman, Ji expo Kemayoran, Pantai Indah Kapuk, Ancol, dan Jakarta International Stadium (JIS).

Ada tiga pihak yang berwenang menetapkan lokasi di antaranya IMI, FEO dan Jakpro. Setelah lokasinya diputuskan, pihak penyelenggara termasuk Gubernur Anies Baswedan akan melaporkannya kepada Presiden Joko Widodo.

Baca Juga: Penunjukan Sahroni Jadi Ketua Formula E Dinilai Kental Muatan Politis

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya