Hasil Audit Formula E Dirilis Pertengahan Juli 

Audit dilakukan pihak eksternal

Jakarta, IDN Times - Plt Kepala BP BUMD Pemprov DKI Jakarta, Budi Purnama, mengatakan audit khusus Formula E sedang dilakukan oleh pihak eksternal.

“Untuk Formula E ada audit khusus. Sedang berlangsung. (dilakukan) Auditor eksternal,” kata Budi, kepada wartawan, Jumat (17/6/2022).

1. Audit dilakukan 1,5 bulan

Hasil Audit Formula E Dirilis Pertengahan Juli Dokumentasi - Anies Baswedan saat bernegosiasi mengenai Formula E di New York pada 2019. (facebook.com/Anies Baswedan)

Dia mengatakan Formula E baru selesai digelar pada 4 Juni 2022 lalu. Perlu waktu setidaknya satu setengah bulan untuk melakukan audit. Rencananya, jika sesuai jadwal audit akan rampung pertengahan Juli.

“Kan baru selesai tanggal 4, audit paling cepat 1,5 bulan. Mudah-mudahan pertengahan Juli sudah keluar,” katanya.

Baca Juga: Mobil Formula 1 Vs Formula E, Mana yang Lebih Kencang?

2. Pemprov DKI juga melakukan audit internal

Hasil Audit Formula E Dirilis Pertengahan Juli Presiden Joko Widodo di Sirkuit Formula E, Ancol, Jakarta Utara, Sabtu (4/6/2022). (dok. Biro Pers Setpres)

Selain pihak eksternal, Pemprov DKI Jakarta juga melakukan audit internal dari Inspektorat. 

“Kalau dengan teman-teman inspektorat dari sekarang tektokan. Kalau inspektorat kan internal pemprov, tapi yang eksternal ada,” tuturnya.

3. Keuntungan Formula E masih dihitung

Hasil Audit Formula E Dirilis Pertengahan Juli Potret mobil balap yang mengaspal di area Sirkuit Formula E pada Sabtu (4/6/2022). (IDN Times/Tata Firza)

Sebelumnya, Direktur Utama PT Jakarta Propertindo (Jakpro), Widi Amanasto, masih menghitung keuntungan dari gelaran Formula E Jakarta.

“Lagi dihitung sekarang,” kata Widi, kepada wartawan, Selasa (7/6/2022).

Widi menyebutkan keuntungan yang dihitung berasal dari sponsor dan juga semua aspek. Walhasil, semuanya bakal direkonsiliasikan lebih dulu.

“Dari sponsor lagi dihitung, direkonsiliasi semuanya,” ujar dia menerangkan. 

Baca Juga: Periksa Eks Sesmenpora, KPK Tanya Soal Anggaran Formula E

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya