Ini Detail Teater Halaman di TIM yang Baru Dibuka Anies Baswedan

Teater halaman di TIM ini akan dibangun kolam resapan

Jakarta, IDN Times - Taman Ismail Marzuki, Cikini, Jakarta Pusat telah resmi dibuka kembali, Jumat (23/9/2022). Kawasan ini nantinya disebut-sebut akan bertransformasi menjadi ekosistem dan pusat kebudayaan dunia.

Corporate Manager Communication PT Jakpro, Melisa Sjah mengatakan, nantinya kota Jakarta dapat disandingkan dengan kota besar di dunia lainnya dalam konteks pusat kebudayaan. PT Jakpro adalah BUMD yang ditugaskan untuk menggarap revitalisasi TIM.

“TIM melalui wajah barunya akan menjadi ruang kolaborasi bagi pelaku seni di Jakarta maupun pelaku seni nasional untuk menghadirkan karya terbaik yang dapat diakui di panggung dunia,” kata Melisa, Senin (26/9/2022).

1. Teater halaman bagian dari tahap II proyek revitalisasi

Ini Detail Teater Halaman di TIM yang Baru Dibuka Anies Baswedan(Ilustrasi Taman Ismail Marzuki) ANTARA FOTO/Dodo Karundeng

Untuk menghadirkan ruang berekspresi yang nyaman serta didukung suasana yang asri, salah satu fasilitas yang akan dibangun pada tahap II proyek revitalisasi TIM yakni Teater Halaman Taman Ismail Marzuki. 

“Desain Teater Halaman ini rencananya akan berbentuk setengah lingkaran dengan tempat duduk yang nyaman, sehingga penonton akan merasakan kenikmatan dan pengalaman yang berbeda ketika menyaksikan pertunjukan seni budaya,” kata Melisa. 

Kemudian, di sekitar Teater Halaman ini direncanakan juga akan ada kolam resapan dan pepohonan yang rindang. Dengan berbagai fasilitas tersebut akan menambah kesejukan area Taman Ismail Marzuki.

Baca Juga: Cerita Soal Pintu Air Mangggarai, Anies: Sampahnya Pernah Banyak  

2. Akan dibangun ruang terbuka hijau

Ini Detail Teater Halaman di TIM yang Baru Dibuka Anies BaswedanSejumlah warga berolahraga di ruang terbuka hijau Lapangan Vatulemo, Palu, Sulawesi Tengah, Jumat (4/2/2022). ANTARA FOTO/Basri Marzuki

Sementara itu, selaras dengan komitmen Pemerintah Provinsi DKI Jakarta yang akan mengurangi emisi gas rumah kaca (GRK) hingga 2030 mendatang, konsep TIM yang baru setelah direvitalisasi akan memperbanyak ruang terbuka hijau dan ruang ketiga. 

“Salah satu tujuannya untuk memfasilitasi masyarakat Jakarta untuk berkumpul, berekspresi, dan berinteraksi dengan semangat yang sama terhadap keberlangsungan lingkungan,” ungkapnya.

Nantinya pembangunan Teater Halaman pada tahap II proyek revitalisasi TIM, berbarengan juga dengan pembangunan Planetarium dan Gedung Graha Bhakti Budaya. Rencananya pengerjaan proyek revitalisasi Tahap II akan dimulai tahun ini. 

Sementara itu, progres pembangunan revitalisasi TIM secara keseluruhan pada tahap I, kini telah mencapai 61,1750 persen hingga minggu ke-80. Progres pembangunan Gedung Perpustakaan & Wisma Seni mencapai 45,07 persen.

3. Terdiri dari dua tahap

Ini Detail Teater Halaman di TIM yang Baru Dibuka Anies BaswedanSuasana Media Heritage Walk di kawasan Cikini pada Rabu (15/9/2021) (IDN Times/Annisa Dewi Lestari)

Pada tahap I, terdapat beberapa area yang sudah rampung dikerjakan. Salah satunya area Gedung Parkir Taman yang sudah rampung 100 persen. Sebelumnya, Masjid Amir Hamzah juga sudah selesai direvitalisasi dan telah diresmikan oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan pada Juli tahun lalu. 

“Dengan begitu, revitalisasi tahap I telah merampungkan dua area bagiannya. Tentunya, kondisi ini mendorong keyakinan Jakpro bahwa proyek Revitalisasi TIM dapat diselesaikan sesuai target,” terangnya.

Baca Juga: Anies Kunjungi Pembangunan Penyaringan Sampah Pertama di Indonesia

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya