Ini Reaksi Warga Kampung Akuarium Tanahnya Dibawa ke IKN

Dibawanya tanah dari Kampung Akuarium mendapat banyak reaksi

Jakarta, IDN Times - Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, membawa tanah dari Kampung Akuarium ke Ibu Kota Nusantara (IKN) Kalimantan Timur.

Warga Kampung Akuarium berharap tidak ada kejadian penggusuran dalam pembangunan Ibu Kota Negara baru di Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur.

"Semoga pembangunan di sana tidak memarjinalkan warga dan tidak menggusur warga yang ada di sana," kata Ketua Rukun Tetangga 012/RW04 Kelurahan Penjaringan, Penjaringan, Jakarta Utara, Topas Juanda, dilansir dari ANTARA.

Baca Juga: Dicangkul Ibu-Ibu, Tanah Kampung Akuarium Dibawa Anies ke IKN

1. Warga yang tergusur di Kampung Akuarium terdampak revitalisasi kawasan

Ini Reaksi Warga Kampung Akuarium Tanahnya Dibawa ke IKNAnies Baswedan dapat kenangan-kenangan karikatur dari warga kampung akuarium (IDN Times/Aryodamar)

Menurut Topas, warga Kampung Akuarium yang tergusur hanya terdampak revitalisasi kawasan, sehingga masih bisa dibangunkan kembali tempat tinggalnya oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

"Kami yang tergusur saja bisa dibangun kembali, jadi semoga pembangunan Ibu Kota Negara baru di sana tidak meresahkan masyarakat," kata Topas.

Anies, dalam unggahan akun Instagram pribadinya, @aniesbaswedan, Senin, 14 Maret 2022, menulis kembalinya kehidupan masyarakat di Kampung Akuarium menjadi simbol atas kembalinya Republik Indonesia kepada cita-cita dasar pendiriannya, yaitu untuk melindungi setiap tumpah darah dan untuk menghadirkan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

2. Reaksi warga Kampung Akuarium tanahnya dibawa ke IKN

Ini Reaksi Warga Kampung Akuarium Tanahnya Dibawa ke IKNPresiden Joko "Jokowi" Widodo bersama sejumlah menteri Kabinet Indonesia Maju saat berkemah di titik nol kilometer IKN Nusantara, Senin (14/3/2022).(Laily Rachev/Biro Pers Sekretariat Presiden)

Topas menduga terpilihnya Kampung Akuarium tidak lepas dari sejarah perjuangan warga di sana, untuk memperoleh haknya kembali setelah sempat tergusur.

"Mungkin yang ada maknanya penting yaitu dari tergusur dan dibangunkan kembali (Kampung Akuarium)," kata Topas.

Baca Juga: Bawa Tanah Kampung Akuarium ke IKN, Anies Kena 'Nyinyir' PDIP DKI 

3. Alasan Anies pilih tanah Kampung Akuarium

Ini Reaksi Warga Kampung Akuarium Tanahnya Dibawa ke IKNGubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di Polda Metro Jaya. Dok.Humas Pemprov DKI Jakarta

Melalui video yang disiarkan di kanal YouTube Sekretariat Presiden, Anies menyampaikan alasan tanah tersebut digali dan dikumpulkan ibu-ibu. Dia juga menyinggung masyarakat Kampung Akuarium dulunya sempat termarjinalkan.

"Kami dari Jakarta membawa air dan tanah yang secara khusus kemarin diambil oleh ibu-ibu dari Kampung Akuarium di Jakarta Utara, membawa harapan bahwa kota baru yang akan dibangun ini, yang nantinya akan menjadi ibu kota, bisa mengedepankan dan memprioritaskan manfaat bagi rakyat kebanyakan," ujar Anies, Senin (14/3/2022).

"Sebagaimana masyarakat di Kampung Akuarium yang dahulunya mereka tersingkirkan, termarjinalkan, kemudian sekarang mereka digarisdepankan dan mendapat fasilitas. Ini pesan bahwa Republik ini dihadirkan untuk melindungi setiap tumpah darah, dan dihadirkan untuk menghadirkan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia," sambungnya.

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya