Jakarta Jadi Tuan Rumah Kongres Asosiasi Penerbit Internasional 2022

Kongres ini diharapkan memberi dampak ke industri penerbitan

Jakarta, IDN Times - Provinsi DKI Jakarta terpilih menjadi tuan rumah Kongres Dunia Asosiasi Penerbit Internasional, atau International Publishers Association World Congress (IPA World Congress) ke-33 Tahun 2022. 

Dengan begitu, ajang ini diharapkan menjadi tahap awal yang menentukan dalam perkembangan industri penerbitan dan perbukuan di Indonesia, khususnya di Kota Jakarta. 

"Atas nama Pemprov DKI Jakarta, saya dengan senang hati menyambut baik kehadiran para Delegasi Komite Eksekutif IPA di Jakarta," kata Wagub DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mewakili Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Anies Baswedan, dalam keterangan resmi, Rabu (18/5/2022).

"Alhamdulillah tahun 2022 ini, Jakarta mendapat kehormatan untuk menjadi tuan rumah Kongres Dunia IPA 2022, yang merupakan acara dua tahunan terbesar untuk mengumpulkan federasi penerbit di seluruh dunia," sambungnya.

Baca Juga: Menkominfo Bakal Buat Regulasi Hak Penerbit

1. Wagub Riza sampaikan apresiasi kepada Delegasi IPA

Jakarta Jadi Tuan Rumah Kongres Asosiasi Penerbit Internasional 2022Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria dan Perwakilan Kongres Dunia Asosiasi Penerbit Internasional ke-33 (IPA World Congress) Tahun 2022. (dok. Humas Pemprov DKI Jakarta)

Dalam kesempatan tersebut, Ariza menyampaikan apresiasi kepada Delegasi Komite Ekskutif dan Panitia Pelaksana IPA yang melakukan kunjungan lapangan, yang bertepatan dengan peringatan Hari Buku Nasional dan survei dalam rangka mempersiapkan Kongres Dunia IPA 2022 November mendatang di Jakarta.

Sebagai komitmen, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melalui Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif DKI Jakarta, telah menyiapkan segala bentuk dukungan untuk menyukseskan acara dua tahunan ini.

"Kami merasa terhormat atas kehadiran delegasi komite eksekutif IPA untuk melihat persiapan. Jakarta sangat siap untuk menyelenggarakan IPA World Congress 2022 dengan baik. Semoga kunjungan ini semakin menguatkan kerja sama yang telah terjalin dengan baik ini," kata Riza.

Indonesia adalah negara yang memiliki industri penerbitan paling produktif di Asia Tenggara pada 2019 dan sejak 10 tahun terakhir. Karena itu, tak heran jika Jakarta telah menjadi pusat literasi dunia. Pada 2020, Jakarta telah berkontribusi 25 persen koleksi digital nasional dan telah mendaftarkan 14,906 ISBN.

2. Indonesia dapat pengakuan internasional di bidang sastra dan industri penerbitan

Jakarta Jadi Tuan Rumah Kongres Asosiasi Penerbit Internasional 2022Ilustrasi sastra (IDN Times/Istimewa)

Indonesia telah mendapatkan pengakuan internasional dalam bidang sastra dan industri penerbitan, sekaligus juga menghasilkan pasar yang cukup berpotensi. Sejak menjadi tamu kehormatan dalam acara Frankfurt Book Fair 2015 dan diikuti sebagai negara fokus di London Book Fair 2019, Indonesia telah menjejakkan kakinya lebih tinggi dalam kancah literasi dunia.

Menjamurnya festival sastra nasional dan internasional menjadikan kegiatan penerbitan yang bertujuan untuk mempromosikan membaca, meningkatkan literasi, dan menciptakan peluang jaringan dalam industri kreatif, termasuk dalam komitmen ini. 

Kongres Dunia IPA yang akan diselenggarakan ini juga dilangsungkan untuk membangun platform bagi penerbit dunia untuk menyuarakan, berdiskusi, dan berkolaborasi dalam isu-isu penting tentang industri, tantangan, dan peluangnya, terutama pada era pasca-pandemik.

"Ditambah dengan terpilihnya Jakarta sebagai tuan rumah Kongres Asosiasi Penerbit Internasional ke-33 (IPA World Congress), tentunya akan membuka banyak kerja sama yang harmonis para penerbit dan pelaku industri perbukuan bukan hanya di Indonesia tapi juga seluruh dunia," ucap Riza.

3. Diharapkan jadi ajang bertukar ide

Jakarta Jadi Tuan Rumah Kongres Asosiasi Penerbit Internasional 2022un.org

Riza mengharapkan, Kongres Dunia IPA 2022 nantinya dapat menjadi ajang untuk bisa memberikan semangat, bertukar ide, dan membuka ruang kreatif pasca-pandemik yang terjadi di seluruh dunia. Melalui kongres ini juga Jakarta akan bisa menjadi sebuah hub bagi kegiatan literasi, budaya, dan seni di Indonesia khususnya dan Asia Tenggara pada umumnya.

Selain itu, Wagub juga mengajak para penulis, penerbit, komunitas kreatif, dari seluruh dunia untuk hadir di Jakarta pada November 2022. Sebab kegiatan tersebut merupakan kesempatan emas untuk berinteraksi, membangun jejaring karya dan saling memberikan dukungan. Ia menegaskan kesuksesan acara ini tentunya didedikasikan bukan hanya untuk Indonesia, tapi juga dunia.

Baca Juga: Menkominfo Terima Naskah Akademik Regulasi Hak Penerbit dari Dewan Pers

4. Jakarta jadi tuan rumah pada November mendatang

Jakarta Jadi Tuan Rumah Kongres Asosiasi Penerbit Internasional 2022Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria di Gedung Balai Kota DKI Jakarta, Kamis (24/3/2022). (IDN Times/Uji Sukma Medianti)

Untuk informasi, DKI Jakarta akan menjadi tuan rumah Kongres Dunia Asosiasi Penerbit Internasional ke-33 (IPA World Congress) Tahun 2022 yang digelar pada November mendatang. 

Dalam acara Konferensi Pers yang diadakan di Balaikota DKI Jakarta itu, turut hadir perwakilan dari IPA Executive Committee, Karine Pansa yang juga merupakan Vice President IPA; didampingi oleh Secretary General IPA, Jose Borghino; dan Director of Communication IPA, James Taylor.

Kedatangan tim IPA yang sengaja dijadwalkan bertepatan dengan perayaan Hari Buku Nasional ini bertujuan, untuk melakukan survei serta koordinasi terkait persiapan Jakarta menjadi tuan rumah IPA World Congress 2022. 

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya