Jakpro: Sirkuit Formula E Sama dengan Aspal Jalan Raya

Spesifikasi aspal Formula E sama dengan jalan raya

Jakarta, IDN Times - Vice  Managing Director Formula E, Gunung Kartiko, menerangkan, aspal yang akan dijadikan sebagai sirkuit Formula E akan sama kualitasnya dengan aspal jalan raya. Dia mengatakan Formula E memang tipikal balapan yang menggunakan tipe city track.

"Formula E itu memang tipikalnya balapan di jalan raya jadi track-nya itu City Track. Aspalnya pun aspal jalan raya sebenarnya," terang Gunung kepada wartawan, Rabu (16/2/2022).

Baca Juga: Gara-gara Tiket Formula E, Taufik Gerindra Sebut PDIP Norak Banget

1. Di negara lain juga memakai spek yang sama

Jakpro: Sirkuit Formula E Sama dengan Aspal Jalan Rayaformulaspy.com

Track yang seperti aspal jalan raya ini, kata Gunung, juga berlaku di negara lain yang telah menyelenggarakan Formula E. Dia mengatakan selain akan diberi barrier, nantinya lintasan akan dipasang alat penyelamat di setiap tikungan.

"Jadi nanti selain ada barrier kalau di setiap tikungan itu ada track pro jadi kayak ada karet gitu kalau dia ada hantaman bisa langsung ke barrier itu keselamatannya di situ," tutur dia.

Dengan standar track yang seperti itu, lanjut dia, akan sangat masuk akal jika track atau sirkuit bisa rampung dalam waktu tiga bulan pasca tender selesai.

"Kalau ada yang bicara bahwa gak bakal selesai nih tiga bulan karena bangun Mandalika saja berbulan bulan ya memang speknya beda gitu ya," terangnya.

Baca Juga: PDIP DKI Jakarta: Bohong Formula E Tak Pakai APBD

2. Sirkuit diperkirakan rampung April 2022

Jakpro: Sirkuit Formula E Sama dengan Aspal Jalan RayaSpesifikasi sirkuit Formula E di Ancol, Jakarta Utara. (dok. Jakpro)

Gunung mengatakan apabila proses pengerjaan sirkuit lancar, diperkirakan akan selesai pada April 2022. Progres pengerjaan sirkuit saat ini, sampai di bagian pengerjaan tanah.

"Jadi tanahnya itu kita sedang kerjakan yang tadinya lembek atau apa, ada pengerasan kemudian ada teknik-teknik khusus yang dilakukan supaya tanah itu sebelum kita kasih base A base B sebelum dikasih material kasih aspal itu sudah bagus," ujar dia.

Baca Juga: Tiket Formula E Dijual Sebelum Sirkuit Jadi, Jakpro: Praktek Wajar

3. Tiket dijual dengan range ratusan ribu hingga jutaan rupiah

Jakpro: Sirkuit Formula E Sama dengan Aspal Jalan RayaSpesifikasi sirkuit Formula E di Ancol, Jakarta Utara. (dok. Jakpro)

Adapun, Gunung membocorkan harga jual tiket Formula E yang berkisar di ratusan ribu hingga jutaan rupiah.

"(Harga) terjangkau, (tiket termurah) ngga sampai jutaan, ratusan ribu," kata Gunung, kepada wartawan di Gedung DPRD DKI Jakarta, Rabu (16/2/2022).

Dia kemudian menuturkan, nantinya akan ada beragam tipe tiket yang dijual. Gunung Kartiko merujuk pada gelaran balap internasional MotoGP  di Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB).

"Ada juga kami akomodir tentunya harganya lebih mahal ya namanya hospitality ya, namanya ada makanan, ada minuman, ada infotainment jadi konsepnya memang Formula E ini sportainment memang," terangnya.

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya