Pasar Jaya Siapkan Minyak Goreng Murah, Pembeli Dibatasi 

Dijual di seluruh gerai pangan Pasar Jaya

Jakarta, IDN Times - Perumda Pasar Jaya menyiapkan pasokan minyak goreng murah yang dijual di seluruh gerai pangan yang dikelola oleh Pasar Jaya. Hal ini mengikuti imbauan pemerintah pusat yang memberlakukan minyak goreng satu harga di supermarket, pasar tradisional dan juga online. 

Sebelumnya, minyak goreng satu harga telah diatur dalam Peraturan Menteri Perdagangan (Permendag) Nomor 03 Tahun 2022 tentang Penyediaan Minyak Goreng Kemasan untuk Kebutuhan Masyarakat dalam Kerangka Pembiayaan oleh Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS). 

Kebijakan ini mulai berlaku pada 19 Januari 2022.

Baca Juga: 3 Masalah yang Tersisa dari Kebijakan Minyak Goreng Subsidi

1. Minyak goreng Rp14 ribu tersedia di sejumlah merk

Pasar Jaya Siapkan Minyak Goreng Murah, Pembeli Dibatasi Ilustrasi Pasar (IDN Times/Besse Fadhilah)

Manager Umum dan Humas Perumda Pasar Jaya, Gatra Vaganza mengatakan Pasar Jaya menyediakan minyak goreng satu harga dengan harga Rp14 ribu per liternya dengan sejumlah merek yang biasanya dijual di gerai pangan. 

Adapun, merek minyak goreng yang dijual antara lain adalah Garing, Filma, Tropical, Foodstation dan Gurih. Masyarakat bisa langsung datang ke seluruh gerai pangan yang dikelola oleh Pasar Jaya untuk membeli minyak goreng tersebut.

Baca Juga: KPPU Temukan Biang Kerok yang Bikin Harga Minyak Goreng Mahal 

2. Pembeli dibatasi

Pasar Jaya Siapkan Minyak Goreng Murah, Pembeli Dibatasi Sejumlah warga antre membeli minyak goreng kemasan saat operasi pasar minyak goreng murah di Pinang, Kota Tangerang, Banten, Senin (10/1/2022). (ANTARA FOTO/Fauzan)

Gatra Vaganza menyampaikan, pihaknya juga memberlakukan kebijakan pembatasan pembelian minyak goreng. Hal ini dilakukan guna mencegah pembelian secara berlebihan oleh konsumen.

“Untuk mencegah adanya panic buying maka di seluruh gerai kita lakukan pembatasan penjualan satu costumer maksimal mendapatkan dua liter minyak goreng dengan harga Rp28 ribu per dua liternya,” ujarnya.

Harga minyak goreng yang dijual ini menurutnya sudah sesuai dengan harga eceran yang dianjurkan pemerintah. 

3. Bisa dibeli mulai pukul 09.00 WIB hingga 17.00 WIB

Pasar Jaya Siapkan Minyak Goreng Murah, Pembeli Dibatasi Harga minyak goreng di pasaran terus merangkak naik dalam sebulan terakhir. (IDN Times/Alfi Ramadana)

Harga ini sendiri sudah turun dimana pada hari sebelumnya terpantau untuk minyak goreng garing Rp37.900 per dua liter dan minyak goreng tropical Rp40 ribu per dua liternya.

“Untuk gerai pangan kita buka sejak jam 09.00 WIB sampai dengan 17.00 WIB setiap harinya, kami berharap masyarakat yang datang tetap memperhatikan protokol kesehatan yang berlaku di seluruh gerai kita selama berbelanja,” kata dia.

Baca Juga: Ritel Jual Minyak Goreng di Atas Rp14 Ribu per liter? Lapor ke Sini

Topik:

  • Hana Adi Perdana

Berita Terkini Lainnya