Pemprov DKI Jakarta Berencana Gelar Malam Takbiran di JIS

Pemprov DKI punya rangkaian kegiatan selama Ramadan

Jakarta, IDN Times - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, akan menggunakan Jakarta International Stadium (JIS) untuk melaksanakan salat Idul Fitri 1443 H. Selain salat Idul Fitri, Pemprov DKI juga berencana menggunakan stadion teranyar di Jakarta itu untuk mengadakan malam takbiran.

“Insya Allah nanti diatur,” kata Riza, Senin (4/4/2022).

Sebelumnya, melalui keterangan resmi, Kepala Biro Pendidikan Mental dan Spiritual (Dikmental) DKI Jakarta, Gunas Mahdianto menyebut, JIS akan digunakan sebagai lokasi Salat Idul Fitri. Namun, ia belum dapat memastikan menggunakan stadion dalam atau bagian luarnya.

Baik Salat Idul Fitri, maupun Festival Malam Takbiran, keduanya merupakan agenda yang diusung oleh Pemprov DKI Jakarta.

Baca Juga: Pemprov DKI Segera Berlakukan Kembali PTM 100 Persen

1. Pemprov DKI selenggarakan beragam kegiatan di Ramadan tahun ini

Pemprov DKI Jakarta Berencana Gelar Malam Takbiran di JISIlustrasi jemaah Masjid Istiqlal (ANTARA FOTO/Wahyu Putro A)

Gunas juga mengatakan, pihak Pemprov DKI akan menyelenggarakan beragam kegiatan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan di masa pandemi. Kegiatan dilakukan dengan kolaborasi antar OPD Provinsi DKI Jakarta dan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Provinsi DKI Jakarta.

“Ada beragam kegiatan dengan tema Ramadan di Jakarta #RayakanKebersamaan. Kami berharap kegiatan ini mampu memantik semangat masyarakat untuk tetap lebih khusuk ibadah, meningkatkan ukhuwah, dan menyemarakkan bulan Ramadan. Selain itu ada juga kegiatan amal yang bertujuan untuk menumbuhkan semangat berbagi antarsesama,” terangnya dalam keterangan tertulis.

Baca Juga: Bukber dan Tarawih Tak Dilarang, Anies: Dianjurkan Tetap di Rumah

2. Ornamen Ramadan hias ruang publik digelar

Pemprov DKI Jakarta Berencana Gelar Malam Takbiran di JISIlustrasi Ramadhan (IDN Times/Sukma Shakti)

Selain itu, ada juga Ornamen Ramadan dengan menghias ruang publik, seperti logo, umbul-umbul, dekorasi khusus Ramadan di Jakarta yang berkolaborasi dengan swasta. Ornamen bertemakan Ramadan dari tanggal 26 Maret – 1 Mei 2022, dan Ornamen bertemakan Idulfitri tanggal 1 Mei – 14 Mei 2022 di 5 wilayah kota administrasi.

Pemprov DKI juga akan menggelar Ramadan Market dan Jazz Festival dalam bentuk bazar untuk menggairahkan aktivitas ekonomi UMKM, serta penampilan musik dan dakwah di Lapangan Banteng pada tanggal 11-24 April 2022.

3. Anies akan kunjungi masjid/pondok pesantren serta ada Duta Imam Salat Tarawih

Pemprov DKI Jakarta Berencana Gelar Malam Takbiran di JISGubernur DKI Anies Baswedan dan keluarga memakai syal Pelastina-Indonesia saat Idul Fitri (Dok. Instagram/@Aniesbaswedan)

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan juga dijadwalkan akan mengunjungi masjid/pondok pesantren, dan sebagainya. Di samping itu, ada agenda 30 hari khatam Alquran, berlomba mengumpulkan pahala dan kebaikan dengan mengkhatamkan Alquran bersama aparatur wilayah, kolaborator, dan masyarakat umum selama bulan Ramadan.

“Ada kegiatan kolaborasi kebaikan berbagi hidangan buka puasa, dengan menyediakan setiap hari minimal 50 ribu bungkus yang dibagikan ke masjid, musholla, halte Transjakarta, dan ruang publik lainnya, pada tanggal 2 April – 1 Mei 2022,” tutur dia.

Selanjutnya, ada Duta Imam Salat Tarawih, yang mengutus 200 orang terbaik dan telah diseleksi untuk menjadi Imam Salat Tarawih di masjid pilihan pada 2 April – 1 Mei 2022.

Baca Juga: Anies Bicarakan Rencana Jakarta setelah Tak Lagi Jadi Ibu Kota

Topik:

  • Hana Adi Perdana

Berita Terkini Lainnya